Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2020: Shin Tae-yong dalam Ancaman Keisuke Honda

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 51 2513836 timnas-indonesia-vs-kamboja-di-piala-aff-2020-shin-tae-yong-dalam-ancaman-keisuke-honda-E03z5HY8Yf.jpg Shin Tae-yong akan pimpin skuad Timnas Indonesia di laga kontra Kamboja dalam ajang Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi Kamboja di laga pertama Grup B Piala AFF 2020, Kamis 9 Desember 2021 malam WIB. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak boleh lengah mengingat strategi serangan balik cepat yang diterapkan pelatih Kamboja Ryu Hirose dan manajer yang notabene mantan pemain AC Milan, Keisuke Honda, sangat berbahaya.

Kamboja sudah menunjukkan strategi serangan balik di atas saat mereka kalah 1-3 dari Malaysia di laga perdana. Saat itu, Malaysia sempat kesulitan menghadapi tim berjuluk Pasukan Angkor tersebut.

Keisuke Honda

(Keisuke Honda bisa ancam Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong)

Malaysia tidak mampu mencetak gol melalui skema open play hingga menit 61. Tim berjuluk Harimau Malaya itu hanya mampu memecah kebuntuan melalui hadiah penalti pada paruh pertama via sepakan Safawi Rasid.

Jika saja Akhyar Rashid tidak dijatuhkan Ken Chansopeak di kotak terlarang, Malaysia tidak akan bisa mencetak gol sepanjang 61 menit waktu normal. Itu artinya, Kamboja di bawah arahan pelatih anyar, Ryu Hirose dan manajer, Keisuke Honda menyulap para pemainnya menjadi sosok merepotkan di hadapan tim raksasa.

Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, pun mengakui Kamboja tidak boleh dianggap enteng. Menurutnya, meski mendapatkan hasil kurang memuaskan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamboja berpotensi menjadi tim kuda hitam di Piala AFF 2020.

BACA JUGA: Sama seperti Thailand, Bendera Indonesia Juga Tak Bisa Berkibar di Piala AFF 2020

"Meskipun mereka tidak tampil terlalu baik di kualifikasi Piala Dunia, apa yang mereka tunjukkan di lapangan masih bagus. Mereka memiliki pemain yang cepat," kata Tan Cheng Hoe dilansir The Stars, Rabu (8/12/2021).

"Lini belakang kami harus selalu waspada untuk menggagalkan serangan balik cepat mereka, dan saya telah mengatakan kepada para pemain untuk mendominasi penguasaan bola dan menciptakan banyak peluang di depan," sambungnya," sambung Tan Cheng Hoe.

kamboja vs Malaysia

(Suasana laga Kamboja vs Malaysia)

Lebih lanjut, Tan Cheng Hoe mengatakan bahwa kehadiran Honda yang notabene pernah menjadi pemain terbaik Asia merupakan kekuatan tersendiri bagi Kamboja. Sepak terjang Honda di Eropa kala membela AC Milan dapat berbuah pelajaran berharga bagi Pasukan Angkor.

"Plus, di bawah Honda, yang merupakan salah satu pemain terbaik di Asia, saya yakin mereka akan belajar satu atau dua hal," lanjut Tan Cheng Hoe.

Karena itu, Shin Tae-yong tak boleh lengah. Lengah sedikit saja, hasil minor bisa didapatkan Timnas Indonesia dan tentu itu tak ingin diterima pencinta sepakbola Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini