Share

Piala AFF 2020 Bergulir, Presiden FIFA Harap Sepakbola ASEAN Makin Berkembang

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 51 2513333 piala-aff-2020-bergulir-presiden-fifa-harap-sepakbola-asean-makin-berkembang-pNFSMIglD5.jpeg Gianni Infantino berharap sepakbola ASEAN makin berkembang (Foto: Reuters)

SINGAPURA - Presiden FIFA, Gianni Infantino, turut hadir dalam council meeting Piala AFF 2020 yang berlangsung pada Minggu 5 Desember 2021. Dalam kesempatan itu, Infantino menyampaikan optimistisnya terhadap perkembangan sepakbola ASEAN.

Sekadar informasi, AFF menggelar council meeting Piala AFF 2020 secara tertutup yang diikuti oleh perwakilan ke-12 negara Asia Tenggara. Indonesia diwakili oleh Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Maaike Ira Puspita, dan Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri.

Gianni Infantino bersama Maaike Ira Puspita dan Indra Sjafri (Foto: PSSI)

Berbagai hal dibahas dalam council meeting ini. Ambil contoh, sepakbola di tengah pandemi Covid-19, keikutsertaan negara ASEAN dalam berbagai kompetisi internasional, dan isu match fixing (pengaturan skor) yang dibahas oleh Sportradar sebagai partner resmi AFF dalam mendeteksi upaya match fixing di berbagai turnamen di bawah payung AFF.

Berbagai pembahasan dalam council meeting ini bertujuan untuk memajukan sepakbola ASEAN. Terselenggaranya Piala AFF 2020 di tengah pandemi Covid-19 merupakan bentuk nyata keseriusan AFF untuk mengembangkan sepakbola ASEAN meski dalam kondisi tidak mudah.

BACA JUGA: Direktur FK Senica Kunjungi Ipswich Town, Elkan Baggott Susul Egy Maulana Vikri?

Hal itu pun dipuji oleh Infantino. Presiden FIFA itu menyanjung upaya AFF untuk mengembalikan harapan, optimisme fans, dan kebahagiaan melalui sepakbola di ASEAN.

Infantino pun mendukung kemajuan sepakbola ASEAN. Dia bahkan berharap sepakbola ASEAN bisa mencapai puncak tertinggi di dunia.

“Kita semua sadar, bahwa beberapa tahun belakangan ini ada hal yang lebih penting dari sekadar sepakbola dan itu adalah kesehatan. Dan kita semua sadar bahwa untuk bisa melewati semua hal ini, kita harus bekerja bersama-sama,” kata Infantino, dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (7/12/2021).

“FIFA mengetahui kerja keras yang dilakukan AFF untuk mengembalikan harapan, optimisme fans dan kebahagiaan melalui sepakbola di negara ASEAN. Kita harus bekerja bersama untuk mengembangkan kompetisi dan sepakbola ASEAN agar bisa mencapai puncak tertinggi di dunia” tutur Infantino.

Gianni Infantino (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Piala AFF 2020 sudah bergulir sejak Minggu 5 Desember 2021. Beberapa tim sudah saling sikut untuk memperebutkan kemenangan di fase grup.

Namun, Tim Nasional (Timnas) Indonesia baru akan bertanding pada Kamis 9 Desember 2021. Skuad Garuda akan melawan Kamboja dalam partai pertama mereka di Grup B. Pertandingan itu akan berlangsung di Stadion Bishan, Singapura, pukul 19.30 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini