Eks Pemain AC Milan Dampingi Kamboja di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Harus Hati-Hati

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 51 2511802 eks-pemain-ac-milan-dampingi-kamboja-di-piala-aff-2020-timnas-indonesia-harus-hati-hati-wJ5hH52Ka3.JPG Keisuke Honda saat melatih Timnas Kamboja. (Foto/IG Timnas Kamboja)

SINGAPURA – Eks pemain AC Milan, Keisuke Honda kemungkinan besar akan mendampingi Kamboja saat berlaga di Piala AFF 2020. Jika itu benar terjadi, Timnas Indonesia perlu berhati-hati dengan kekuatan Angkor Warriors.

Kamboja berada satu grup dengan Indonesia di Grup B Piala AFF 2020 yang dimulai 5 Desember hingga 1 Januari 2022 di Singapura. Selain itu, grup juga dihuni Malaysia, Laos dan Vietnam.

Foto/Instagram

Pada pertandingan pertama fase grup, Kamboja akan melawan Malaysia, pada Senin (6/12/2021). Selanjutnya mereka akan menghadapi Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong, Kamis (9/12/2021) di Stadion Bishan.

Baca juga: Malaysia Remehkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Lebih Fokus ke Vietnam

Menjelang berlaga di Piala AFF, Kamboja mendapat kabar baik. Asisten pelatih, Timnas Kamboja, Phea Sopheaktra, menyebut timnya akan didampingi langsung oleh pelatih kepala, Keisuke Honda yang pernah memperkuat AC Milan (2014-2017).

Baca juga: Begini Materi Latihan Perdana Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2020

“Kami akan menggunakan empat hari tersisa untuk berlatih dan mempersiapkan diri untuk pertandingan. Kami akan berusaha lebih baik selama pertandingan yang sebenarnya,” katanya mengutip Khmertimeskh, Sabtu (4/12/2021).

“Grup ini terdiri dari tim-tim kuat. Sebagai pelatih, kami akan mempelajari cara mereka bermain, teknik mereka, untuk mengalahkan beberapa tim terkuat di kawasan ini,” tambahnya.

Honda selama ini memantau latihan Timnas Kamboja secara virtual dan latihan dipimpin oleh Sopheaktra. Hanya saja, semua materi latihan berasal dari Honda.

Pelatih asal Jepang itu sebelumnya mendampingi Timnas Kamboja U-23 yang berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka gagal melaju ke babak berikutnya, namun berhasil mengalahkan Hong Kong dengan skor 4-2.

Sedangkan tim senior Kamboja bermain lebih baik menjelang Piala AFF 2020. Mereka menang dalam dua pertandingan melawan Guam pada pertandingan playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Saat itu, Honda tidak berada di sisi lapangan.

Kendati demikian, Phea mengatakan bahwa bukan berarti Timnasnya tidak akan tampil maksimal pada Piala AFF. Phea mengatakan bahwa Piala AFF masih termasuk kepada tiga tahap yang menjadi proyek sepakbola Kamboja.

Foto/PSSI

“Kami akan berfokus pada tiga tahapan, yakni Piala AFF, kemudian pemain yang akan diturunkan pada Sea Games 2022 di Vietnam dan Sea Games 2023 di Kamboja,” kata Phea dilansir Koh Santesheap Daily.

“Jadi pemain yang kami pilih difokuskan untuk menjalani tiga tahapan ini, untuk memberi mereka kesempatan, mereka bisa memanfaatkan kesempatan Piala AFF, tapi kami perlu memikirkan tiga tahapan ini,” sambungnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini