Share

Penyebab Gol Arsenal ke Gawang Manchester United Disahkan meski De Gea Terjatuh karena Diinjak Fred

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 45 2511189 penyebab-gol-arsenal-ke-gawang-manchester-united-disahkan-meski-de-gea-terjatuh-karena-diinjak-fred-rjDSojer0U.jpg Berikut penyebab tendangan Emile Smit-Rowe yang berujung gol disahkan di laga Manchester United vs Arsenal. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

PENYEBAB Gol Arsenal ke gawang Manchester United disahkan meski David de Gea terjatuh karena diinjak sang rekan setim, Fred, akan diulas dalam artikl kali ini. Menurut laporan BBC, gol tersebut sah karena David de Gea terjatuh akibat ulah rekannya sendiri, bukan pemain Arsenal.

Ketika pertandingan memasuki menit 13, The Gunners –julukan Arsenal– mendapatkan hadiah sepak pojok. Martin Odegaard pun dipercaya melepaskan sepak pojok yang diarahkan ke kotak penalti Manchester United.

David de Gea

(David de Gea terjatuh setelah diinjak Fred)

Dalam posisi itu, bek Manchester United Harry Maguire berhasil mengamankan bola ke luar kotak penalti. Ketika Harry Maguire mengamankan bola lewat sundulannya, di saat bersamaan Fred menginjak tumit kiper Manchester United, David de Gea.

Akibatnya, De Gea tersungkur dan wasit Martin Atkinson tetap melanjutkan pertandingan karena sang pengadil awalnya tidak melihat bahwa kiper asal Spanyol itu terjatuh. Setelah bola disundul Harry Maguire, si kulit bulat disundul Mohamed Elneny.

Gelandang asal Mesir itu memberikan umpan sundulan kepada Emile Smith-Rowe yang langsung melepaskan tembakan first time. Tembakan gelandang asal Inggris itu meluncur mulus masuk ke gawang Manchester United karena di saat bersamaan De Gea sedang tersungkur.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Bawa Manchester United Menang 3-2 atas Arsenal, Pertanda Ralf Rangnick Andalkan CR7?

Wasit Martin Atkinson yang memimpin pertandingan pun tidak langsung mensahkan tembakan Emile Smith-Rowe. Ia lebih dulu melihat Video Assistant Referee (VAR).

Setelah melihat De Gea terjatuh karena ulah Fred, Martin Atkinson mensahkan gol tersebut. Alhasil, Arsenal untuk sementara unggul 1-0 atas Manchester United.

“Wasit membutuhkan tiga menit 15 detik sebelum mengambil keputusan. Setelah melihat VAR, wasit melihat Fred yang menghalangi De Gea dan tidak ada hukum yang melarang gol itu tidak disahkan,” tulis BBC, Jumat (3/12/2021).

Untung bagi Manchester United, mereka mengakhiri pertandingan dengan kemenangan. Di pengujung babak pertama, Bruno Fernandes menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Selanjutnya di menit 52, Manchester United berbalik unggul lewat Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo bantu Man United menang 3-2 atas Arsenal)

Namun, Arsenal menyamakan kedudukan menjadi 2-2 via Martin Odegaard tiga menit berselang. Beruntung, Manchester United memilki Cristiano Ronaldo yang menjadi penentu kemenangan lewat eksekusi penaltinya pada menit 70.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini