Share

4 Taktik Ralf Rangnick yang Bisa Dijalankan di Manchester United, Nomor 1 Duetkan Cristiano Ronaldo dan Cavani

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 45 2509852 4-taktik-ralf-rangnick-yang-bisa-dijalankan-di-manchester-united-nomor-1-duetkan-crisriano-ronaldo-dan-cavani-VmpIMVfw70.jpg Ralf Rangnick resmi menjadi pelatih sementara Manchester United. (Foto/Reuters)

EMPAT taktik Ralf Rangnick yang bisa dijalankan di Manchester United akan diulas dalam artikel ini. Pelatih asal Jerman itu telah resmi diumumkan menjadi pelatih sementara Setan Merah, Senin (29/11/2021).

Eks pelatih RB Leipzig itu dipastikan akan mengubah gaya permainan Setan Merah. Rangnick yang dijuluki The Professor merupakan pencetus gegenpressing atau counter pressing.

Sistem itu menitikberatkan pada sistem merebut bola secepat mungkin dan segera melakukan serangan. Taktik Rangnick kemudian diadopsi oleh pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Sementara anak didiknya, Thomas Tuchel juga menerapkan skema serupa di Chelsea.

Terlepas dari itu, berikut empat taktik dan strategi Rangnick saat mengasuh Man United

4. Andalkan Pemain Muda

Rangnick sebagai bos sementara United akan membutuhkan skuad terbaik. Begitu juga saat berlaga di Piala FA. Terkait hal itu, Rangnick kemungkinan mempercayakannya kepada para pemain muda.

Baca juga: Ralf Rangnick Disebut Asisten Ferguson Bawa Erling Haaland ke Manchester United, Cristiano Ronaldo Ditendang?

Oleh karena itu, ada kemungkinan Teden Mengi, Amad Diallo dan Hannibal Mejbri akan diberi kesempatan untuk bersinar. Dengan begitu, para pemain utama bisa beristirahat sejenak setelah menjalankan jadwal padat di Liga Inggris.

Foto/Reuters

3. Datangkan Pemain di Januari

Skuad Man United sejauh ini belum matang, khususnya di sisi pertahanan. Setan Merah memang telah mendatangkan Raphael Varane, namun bek tengah asal Prancis itu mengalami cedera.

Baca juga: 5 Rekrutan Ralf Rangnick yang Jadi Pemain Kelas Dunia, Nomor 1 Andalan Liverpool

Rangnick memiliki rekam jejak merekrut pemain dengan usia yang relatif lebih muda. Dengan kondisi pertahanan yang buruk, bisa saja Rangnick mendatangkan Denis Zakaria dari Borussia Monchengladbach.

Foto/Bundesliga

Rangnick mungkin bisa juga mendatangkan Nordi Mukiele. Bek kanan RB Leipzig itu dirasa pas daripada Aaron Wan-Bissaka atau Diogo Dalot.

2. Sistem 4-3-3

Rangnick sangat mudah beradaptasi dengan formasi yang paling sesuai dengan filosofinya. Sistem 4-3-3, kemungkinan bisa digunakan sang profesor.

Jika menggunakan pola ini, Fred atau Scott Mctominay akan menopang lini tengah sebagai gelandang bertahan tunggal. Salah satu dari mereka akan ditopang oleh Bruno Fernandes, Paul Pogba atau Van de Beek.

Foto/Reuters

Sedangkan Ronaldo akan menjadi ujung tombak. Pemain berjuluk CR7 itu akan ditemani penyerang sayap seperti Marcus Rashford dan Jadon Sancho.

1. Klasik Rangnick 4-2-2-2

Rangnick menggunakan taktik ini saat melatih RB Leipzig. Jika dia mengaplikasikannya pada Man United, kemungkinan dia akan memasang Edinson Cavani bersama Cristiano Ronaldo di lini depan.

Foto/Reuters

Pakem ini juga sesuai dengan peran Donny van de Beek. Pemain ini bisa bermain sebagai gelandang box-to-box-, bersama dengan Bruno Fernandes yang lincah dan agresif. Pendekatan ini sangat cocok dengan taktik Rangnick.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini