5 Rekrutan Ralf Rangnick yang Jadi Pemain Kelas Dunia, Nomor 1 Andalan Liverpool

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 29 November 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 51 2508800 5-rekrutan-ralf-rangnick-yang-jadi-pemain-kelas-dunia-nomor-1-andalan-liverpool-LEGxwk2mPv.jpg Lima rekrutan Ralf Rangnick yang kini jadi pemain kelas dunia (Foto: Laman resmi Liga Jerman)

RALF Rangnick dikabarkan akan segera menjadi pelatih anyar Manchester United yang dikontrak hingga akhir musim 2021-2022. Kedatangan juru taktik asal Jerman itu diharapkan bisa membangkitkan Man United dari keterpurukan.

Lalu, bagaimana sepak terjang Rangnick sebagai juru taktik? Sekadar informasi, Rangnick tidak hanya pernah menjadi juru taktik, tetapi juga direktur olahraga. Sebanyak delapan trofi ada di lemari penghargaan Rangnick.

Selain itu, dia juga pandai dalam pembelian pemain. Di klub-klub sebelumnya, Rangnick pernah membeli pemain-pemain yang kini dikenal sebagai bintang. Berikut lima rekrutan Rangnick yang jadi pemain kelas dunia.

5. Erling Haaland (RB Salzburg)

Erling Haaland (Foto: Reuters)

Erling Haaland adalah penyerang andalan Borussia Dortmund. Pemain 21 tahun itu disebut sebagai calon pemain terbaik dunia di masa depan karena ketajamannya yang begitu luar biasa. Sekadar informasi, dia sudah mencetak 14 gol dan 11 penampilan musim ini.

Rangnick adalah orang yang berjasa dalam karier Haaland. Saat menjadi direktur olahraga RB Salzburg, dia merekrut Haaland dari FK Molde pada musim dingin 2019. Setahun di Salzburg, Haaland mencetak 29 gol dari 27 penampilan yang menjadi awal kariernya menanjak.

4. Dayot Upamecano (RB Leipzig)

Dayot Upamecano (Foto: Reuters)

Dayot Upamecano kini menjadi bek tengah utama Bayern Munich setelah dibeli dari RB Leipzig pada musim panas 2021. Upamecano mulai naik daun saat main untuk Leipzig (2017-2021). Rangnick adalah dalang di balik transfer Upamecano ke Leipzig dari Salzburg pada musim panas 2017.

3. Roberto Firmino (Hoffenheim)

Roberto Fimino (Foto: Twitter/@LFC)

Salah satu penyerang andalan Liverpool, Roberto Firmino, juga masuk dalam daftar ini. Bagaimana tidak, Rangnick adalah manajer Hoffenhaim (2006-2011) yang membawa Firmino ke Jerman pada musim dingin 2011.

Itu adalah manuver transfer Rangnick sebelum meninggalkan Hoffenhaim. Hoffenheim hanya membayar 4 juta euro untuk mendapatkan jasa Firmino dari klub Serie B Brasil, Figueirense. Tidak banyak yang tahu siapa Firmino saat itu, tetapi sekarang dia adalah false nine paling terkemuka di dunia sejak pindah ke Liverpool pada musim panas 2015 silam.

2. Joshua Kimmich (RB Leipzig)

Joshua Kimmich (Foto: Reuters)

Pemain andalan Bayern Munich, Joshua Kimmich, juga masuk dalam daftar ini. Sebelum menjadi penerus Philipp Lamp di Bayern, Kimmich pernah main untuk RB Leipzig (2013-2015). Rangnick adalah orang yang berjasa mendatangkan Kimmich dari VFB Stuttgart kala itu.

Kimmich saat itu masih menjadi bakat mentah yang belum bersinar. Akan tetapi, dia kini adalah bintang bagi klub atau Tim Nasional (Timnas) Jerman. Kemampuan terhebat Kimmich adalah dia mampu bermain apik sebagai gelandang atau bek kanan.

1. Sadio Mane (RB Salzburg)

Sadio Mane (Foto: Reuters)

Posisi pertama dalam daftar ini diisi oleh pemain andalan Liverpool lainnya, yaitu Sadio Mane. Sebelum sehebat dan setenar sekarang, Mane mulai membangun namanya dengan bermain untuk Salzburg (2012-2014).

Rangnick adalah orang di balik transfer Mane dari FC Metz ke Salzburg pada waktu itu. Penampilan Mane saat itu tidak seganas sekarang, tetapi waktunya di Salzburg krusial untuk karier pemain Senegal itu. Kini, dia adalah salah satu pemain paling ditakuti di kotak penalti.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini