5 Fakta Emil Audero, Kiper Sampdoria Berdarah Indonesia yang Namanya Viral karena sang Ayah

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 51 2507984 5-fakta-emil-audero-kiper-sampdoria-berdarah-indonesia-yang-namanya-viral-karena-sang-ayah-NC6NXaNWVr.jpg Emil Audero, kiper berdarah Indonesia yang kini memperkuat Sampdoria. (Foto: Instagram/@emil_audero)

NAMA kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi, viral di media sosial di sepanjang hari ini. Emil Audero Mulyadi viral karena ucapan sang ayah, Edy Mulyadi, yang mengatakan sang anak takkan pernah membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

“Mimpi kali,” kata Edy saat ditanya apakah Emil Audero bakal memperkuat Timnas Indonesia.

Emil Audero

(Edy Mulyadi saat menanggapi kemungkinan Emil Audero Mulyadi bela Timnas Indonesia)

"Kalau si Emil itu pengennya piala dunia, yang dia ambil harus di sana (Italia) dong, orang kita lolos Asia saja nggak, apalagi piala dunia," kata Edy Mulyadi.

Ucapan Edy Mulyadi di atas menjadi viral sepanjang hari ini. Awalnya, ucapan Edy Mulyadi diunggah dalam bentuk video di akun TikTok, @agniakhn. Beberapa jam setelah diunggah, video tersebut dihapus.

Hanya saja, sejumlah akun Twitter berhasil merekam isi lengkap dari video tersebut. Karena itu, netizen pun terbelah. Ada yang mendukung pernyataan Edy Mulyadi, namun ada juga yang sebaliknya. Lantas, siapa sosok Emil Audero Mulyadi sebenarnya?

Berikut 5 Fakta Emil Audero, Kiper Sampdoria Berdarah Indonesia yang Namanya Viral karena sang Ayah:

5. Lahir di Indonesia

Emil Audero

Emil Audero Mulyadi lahir di Indonesia, tepatnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada 18 Januari 1997. Ia merupakan anak dari sang ayah, Edy Mulyadi, yang berasal dari Indonesia dan ibu dari Italia (Antonela Audero).

Meski lahir di Indonesia, Emil Audero Mulyadi tumbuh kembang di Italia. Tak heran, karier sepakbolanya bermula dan terus berkembang di Negeri Piza.

4. Perkuat Timnas Italia Kelompok Umur

Emil Audero

Sejumlah Timnas Italia kelompok umur perrnah dijajal Emil Audero Mulyadi. Ia tercatat pernah turun di Timnas Italia U-15, U-16, U-17, U-18, U-19, U-20 dan U-21.

Bersama Timnas Italia U-21, Emil Audero Mulyadi bahkan dibawa sang pelatih, Luigi Di Biagio, ke Piala Eropa U-21 2019. Hanya saja, Emil Audero Mulyadi yang memiliki tinggi badan 192 sentimeter hanya menjadi pelapis kiper yang kini memperkuat Napoli, Alex Meret.

3. Pernah Bela Juventus

Emil Audero

Emil Audero Mulyadi merupakan pemain jebolan akademi Juventus. Ia menimba ilmu di tim muda si Nyonya Tua dari 2008 hingga 2015, sampai akhirnya dipromosikan ke tim utama pada 2015.

Hanya saja, Emil Audero Mulyadi cuma menjadi kiper ketiga selama memperkuat Juventus (2015-2017). Tercatat, Emil Audero Mulyadi turun satu kali bersama skuad senior Juventus, tepatnya di pamungkas Liga Italia 2016-2017 saat si Nyonya Tua menang 2-1 atas Bologna.

2. Pegang 2 Trofi Liga Italia

Emil Audero

Emil Audero Mulyadi memenangkan dua trofi Liga Italia, tepatnya pada 2015-2016 dan 2016-2017. Dalam dua musim itu, Emil Audero Mulyadi tecatat sebagai pemain Juventus.

Emil Audero Mulyadi merupakan kiper ketiga Bianconeri di bawah Gianluigi Buffon dan Norberto Murara Neto. Sempat dipinjamkan ke Venezia (2017-2018) dan Sampdoria (2018-2019), Emil Audero Mulyadi akhirnya menjadi milik Sampdoria sepenuhnya pada musim panas 2019.

1. Kiper Andalan Sampdoria

Emil Audero

(Emil Audero saat menggagalkan penalti Edin Dzeko)

Emil Audero Mulyadi saat ini berstatus kiper andalan klub kasta teratas Liga Italia, Sampdoria. Sejak 2018, Emil Audero telah mencatatkan 127 penampilan bersama klub yang bermarkas di Stadion Luigi Ferraris tersebut.

Total dari 127 pertandingan itu, Emil Audero mencatatkan 30 clean sheet. Sepanjang karier sepakbolanya, Emil Audero sudah 40 kali dihadapkan dengan eksekutor penalti (di waktu normal).

Hasilnya, Emil Audero menggagalkan enam penali di antaranya! Tak tanggung-tanggung, Emil Audero pernah menggagalkan penali Alexis Sanchez, Edin Dzeko hingga Cristiano Ronaldo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini