5 Fakta Timnas Indonesia Menang 4-1 atas Myanmar, Nomor 1 Bikin Gempar

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 05:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 51 2507628 5-fakta-timnas-indonesia-menang-4-1-atas-myanmar-nomor-1-bikin-gempar-UntaH0RIKP.jpg Berikut 5 fakta Timnas Indonesia menang 4-1 atas Myanmar. (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia menang 4-1 atas Myanmar dalam laga uji coba yang digelar di Turki pada Kamis, 25 November 2021 malam WIB. Gol-gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak lewat aksi Ricky Kambuaya pada menit kelima, Irfan Jaya (12’), Witan Sulaeman (33’) dan Ezra Walian (55’).

Sementara itu, gol tunggal Myanmar dicetak Hlaing Bo Bo pada menit 73. Kelar pertandingan, banyak fakta yang tersaji. Apa saja?

Berikut 5 fakta Timnas Indonesia menang 4-1 atas Myanmar:

5. Kemenangan Pertama

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong raih kemenangan perdana kontra tim Asia Tenggara)

Ini merupakan kemenangan pertama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kontra tim asal Asia Tenggara. Sebelum laga ini, Shin Tae-yong dua kali menghadapi tim Asia Tenggara dalam statusnya sebagai pelatih Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Bantai Myanmar 4-1, Shin Tae-yong Justru Marah-Marah

Hasilnya, Timnas Indonesia bermain 2-2 kontra Thailand dan dibantai Vietnam 0-4. Karena itu, ini merupakan modal positif jelang turun di Piala AFF 2020.

4. Pecah Telur

Timnas Indonesia

Ini merupakan laga kesembilan Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong. AKhirnya untuk pertama kalinya, ada penyerang yang sanggup mencetak gol bagi Timnas Indonesia.

Pecah telur itu dibuat Ezra Walian yang mencetak gol via eksekusi tendangan penalti. Sebelumnya, penalti tercipta setelah bola yang dilepaskan Ezra Walian mengenai tangan salah satu pemain Myanmar.

3. Tegaskan Dominasi

Timnas Indonesia

(Ricky Kambuaya (kiri) buka keunggulan Timnas Indonesia atas Myanmar)

Dalam tiga pertemuan terakhir kontra Myanmar, Timnas Indonesia selalu menang. Bahkan kemenangan tak pernah dengan skor tipis.

Pada 10 Oktober 2018, Timnas Indonesia menang 3-0 atas Myanmar. Selanjutnya pada 25 Maret 2019 dalam laga yang digelar di Myanmar, Timnas Indonesia menang 2-0. Terakhir adalah laga semalam, yang mana skuad Garuda menang 4-1.

2. Winger Tajam

Irfan Jaya

(Irfan Jaya winger tajam milik Timnas Indonesia)

Laga ini merupakan momen pertunjukkan ketajaman winger-winger Timnas Indonesia. Sebab, dua dari empat gol Timnas Indonesia diciptakan pemain yang berposisi winger, yakni Irfan Jaya dan Witan Sulaeman.

Irfan Jaya, Witan Sulaeman hingga Egy Maulana Vikri jika diizinkan tampil, merupakan sumber alternatif gol Timnas Indonesia saat turun di Piala AFF 2020.

1. Shin Tae-yong Marah-Marah

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong tidak puas 100 persen meski Timnas Indonesia menang telak 4-1 atas Myanmar. Pelatih asal Korea Selatan itu justru marah-marah kelar laga Timnas Indonesia vs Myanmar.

“Pemain akan terus saya ingatkan untuk tidak boleh membuat kesalahan-kesalahan elementer,” kata Shin Tae-yong mengutip dari laman resmi PSSI, Jumat (26/11/2021).

Setelah ini, Timnas Indonesia akan menjalani laga uji coba terakhir di Turki kontra Antalyaspor pada Minggu, 28 November 2021 malam WIB. Setelah itu pada Rabu, 1 Desember 2021, Timnas Indonesia akan terbang ke Singapura untuk mengarungi Piala AFF 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini