Ralf Rangnick Datang, Cristiano Ronaldo Terbuang dari Manchester United?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 45 2507734 ralf-rangnick-datang-cristiano-ronaldo-terbuang-dari-manchester-united-lhpZTWiM4R.jpg Cristiano Ronaldo bisa terlempar dari Manchester United seiring kehadiran Ralf Rangnick. (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

PELATIH asal Jerman, Ralf Rangnick, kencang dikabarkan bakal menjadi pelatih interim Manchester United hingga akhir musim 2021-2022. Besar kemungkinan, pelatih 63 tahun ini diresmikan sebelum laga Manchester United vs Chelsea digelar dalam lanjutan pekan ke-13 Liga Inggris 2021-2022 pada Minggu, 28 November 2021 malam WIB.

“Ralf Rangnick bicara kepada petinggi Man United pada Senin untuk menerima tawaran menjadi pelatih interim. Setelah itu, ia akan menjabat sebagai konsultan di klub, termasuk dalam negosiasi mendatangkan pemain,” tulis jurnalis Italia Fabrizio Romano di akun Twitter-nya, @FabrizioRomano.

Ralf Rangnick

(Ralf Rangnick calon pelatih interim Manchester United)

Hanya saja, kehadiran Ralf Rangnick berpotensi membuat megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, terbuang ke bangku cadangan. Alasannya karena Ralf Rangnick dikenal sebagai pencetus gegenpressing atau dalam bahasa Inggris disebut counter pressing.

Strategi ini memang identik dengan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Namun, siapa sangka justru Ralf Rangnick yang merupakan penemu dari strategi ini. Tak heran, Ralf Rangnick dijuluki sebagai professr atas penemuannya tersebut.

Lantas, apa yang dimaksud gegenpressig? Ini merupakan strategi di mana seluruh tim langsung bergerak menekan lawan ketika kehilangan bola.

BACA JUGA: 10 Fakta Ralf Rangnick Calon Pelatih Interim Manchester United, Mentor Jurgen Klopp hingga Thomas Tuchel

Dalam kondisi menyerang, pemain belakang juga melakukan pressing yang sangat tinggi. Dibilang begitu karena pemain belakang bisa menyentuh garis tengah lapangan.

Strategi inilah yang dinilai tak cocok dengan Cristiano Ronaldo. Sebab, pesepakbola asal Portugal ini dikenal malas untuk memberi penjagaan atau merebut bola dari kaki lawan.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo bisa terpental ke bangku cadangan seiring kehadiran Ralf Rangnick)

Ketika Manchester United kalah 2-4 dari Leicester City beberapa pekan lalu, Cristiano Ronaldo juga dikritik karena malas membantu merebut bola dari kaki lawan. Saat itu, pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, pasang badan.

Meski dibela Solskjaer, pandangan banyak orang terhadap Cristiano Ronaldo yang malas melakukan pressing masih ada sampai sekarang. Karena itu, jika dalam kondisi bugar, Edinson Cavani diprediksi lebih dipercaya Ralf Rangnick ketimbang Cristiano Ronaldo.

Penyerang berjuluk El Matador ini dikenal mobile dan tak segan membantu pertahanan. Sekarang, menarik menanti kapan Ralf Rangnick diresmikan sebagai pelatih interim Manchester United.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini