10 Fakta Ralf Rangnick Calon Pelatih Interim Manchester United, Mentor Jurgen Klopp hingga Thomas Tuchel

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 45 2507637 10-fakta-ralf-rangnick-calon-pelatih-interim-manchester-united-mentor-jurgen-klopp-hingga-thomas-tuchel-WkQpeKsgz9.jpg Berikut 10 fakta Ralf Rangnick, calon pelatih interim Manchester United. (Foto: REUTERS)

RALF Rangnick bakal diangkat sebagai pelatih interim Manchester United dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan jurnalis Italia, Fabrizio Romano.

“Ralf Rangnick bicara kepada petinggi Man United pada Senin (kemarin) untuk menerima tawaran menjadi pelatih interim. Setelah itu, ia akan menjabat sebagai konsultan di klub, termasuk dalam negosiasi mendatangkan pemain,” tulis Fabrizio Romano di akun Twitter-nya, @FabrizioRomano.

Lantas, siapa sosok Ralf Rangnick sebenarnya? Okezone akan membagikan 10 fakta Ralf Rangnick, mengutip dari Bleacher Football:

1. Revolusi Permainan

Ralf Rangnick

(Ralf Rangnick, profesor sepakbola).

Ralf Rangnick merevolusi permainan sepakbola menjadi modern dan lebih enak dilihat. Tak heran, banyak pelatih top Jerman seperti Jurgen Klopp, Thomas Tuchel hingga Julian Nagelsmann menjadikan Ralf Rangnick sebagai mentor.

2. Penemu Gegenpressing

Jurgen Klopp

(Jurgen Klopp banyak belajar dari Ralf Rangnick)

Pola Gegenpressing yang identik dengan Klopp, justru ditemukan Ralf Rangnick. Pola ini mengizinkan para pemain belakang untuk melakukan pressing hingga hampir menyentuh garis tengah lapangan. Hal ini membuat pemain lawan tertekan sejak awal.

3. Awal Karier

Ia memulai karier dengan menjadi pelatih VfB Stuttgart U-19. Ia membawa tim tersebut juara Liga Jerman U-19 pada 1991.

4. Tim Amatir

Setidaknya ada enam tim amatir yang ditangani Ralf Rangnick, sebelum akhirnya dipercaya menangani tim senior VfB Stuttgart pada 1999.

5. Musim Keemasan

2004-2005 menjadi tahun keemasan Ralf Rangnick. Meski tidak menjadi juara, ia membawa Schalke 04 lolos ke final DFB Pokal dan finis runner-up di Liga Jerman 2004-2005.

6. Periode Kedua

Di periode kedua menangani Schalke 04, Ralf Rangnick lebih gila lagi. Ia membawa The Royal Blues juara DFB Pokal dan lolos ke semifinal Liga Champions 2010-2011. Setelah itu, Ralf Rangnick mulai menjabat sejumlah jabatan penting, seperti Direktur Olahraga di RB Leipzig dan RB Salzburg.

7. Bangkitkan RB Leipzig

Ralf Rangnick

Ralf Rangnick merupakan pria yang berjasa mengangkat derajat RB Leipzig. Dari tim promosi, RB Leipzig kini muncul sebagai salah satu kekuatan di sepakbola Jerman.

8. Jabat Posisi Penting

Kini Ralf Rangnick menjabat sebagai Kepala Olahraga dan Pengembangan klub asal Rusia, Lokomotiv Moscow.

9. Hampir Jadi Pelatih AC Milan

Ralf Rangnick hampir jadi pelatih AC Milan pada musim panas 2020. Namun, karena banyak konflik di AC Milan, Ralf Rangnick batal menggusur posisi Stefano Pioli.

10. Gantikan Ed Woodward

Ed Woodward

(Ed Woodward tinggalkan Man United akhir tahun ini)

Setelah menjabat pelatih interim selama enam bulan, Ralf Rangnick berpotensi menggantikan posisi yang ditinggalkan Ed Woodward, yakni sebagai CEO Manchester United. Nantinya, Ralf Rangnick akan turun tangan dalam usaha Manchester United mendatangkan sejumlah pemain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini