Deretan Kemenangan Timnas Indonesia atas Myanmar di Piala AFF, Salah Satunya Pesta Gol 5-0

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 51 2507325 deretan-kemenangan-timnas-indonesia-atas-myanmar-di-piala-aff-salah-satunya-pesta-gol-5-0-LbAKN15wlr.jpg Para pemain Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Myanmar dalam laga uji coba pada Kamis (25/11/2021) pukul 21.00 WIB. Jelang laga tersebut, Timnas Indonesia punya modal apik lewat beberapa kemenangan yang dipetik atas Myanmar di pertemuan sebelumnya.

Ya, Timnas Indonesia terus mempersiapkan diri untuk mentas di Piala AFF 2020. Sederet laga uji coba pun dilakoni, salah satunya melawan Myanmar. Laga ini akan digelar di Gloria Sports Arena, Antalya, Turki.

Timnas Indonesia. Foto: PSSI

BACA JUGA: Jelang Hadapi Timnas Myanmar, Timnas Indonesia Terus Genjot Latihan Fisik

Kans Indonesia mendulang hasil manis dalam laga ini pun terbuka lebar. Sebab, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- punya modal kemenangan di beberapa laga sebelumnya atas Myanmar, khususnya kala bersua di ajang Piala AFF.

BACA JUGA: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Timnas Myanmar: Garuda Tanpa Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri

Bahkan, kemenangan yang diraih ini dengan skor telak. Lantas, di mana saja kemenangan itu didapat? Berikut deretan kemenangan Timnas Indonesia atas Myanmar di Piala AFF.

3. Piala AFF 1996

Salah satu kemenangan Timnas Indonesia atas Myanmar di Piala AFF terjadi pada gelaran 1996. Kala itu, Indonesia menang telak dengan skor 6-1!

Bermain di Singapura, pertemuan Indonesia dengan Myanmar terjadi di babak penyisihan grup. Pesta gol skuad Garuda dimulai lewat gol Peri Sandria pada menit ketujuh.

Kemudian, Indonesia menggempur gawang Myanmar dengan empat gol lain lewat aksi Fakhri Husaini, Ansyari Lubis, Eri Irianto, dan Peri Sandriana yang kembali mencetak gol. Sementara Myanmar, mereka hanya mencetak satu gol di babak pertama lewat aksi Maung Htay.

Laga babak pertama ditutup dengan keunggulan Indonesia 5-1. Di babak kedua, alih-alih bangkit, Myanmar makin tertinggal. Sebab, Indonesia menambah satu gol lewat aksi Fakhri kembali.

2. Piala AFF 1998

Selanjutnya, Indonesia kembali menunjukkan ketangguhannya atas Myanmar saat berhadaapan di Piala AFF 1998. Kala itu, Indonesia menghajar Myanmar dengan skor 6-2.

Indonesia sejatinya tak memulai laga dengan baik sehingga kebobolan lebih dahulu lewat aksi Myi Hlaing Win (1’). Namun, keunggulan Myanmar tak dibiarkan terjaga lama oleh skuad Garuda.

Mereka membalasnya lewat lima gol langsung sehingga menutup babak pertama dengan skor 5-1. Ada peran Widodo C Putro hingga Bima Sakti dalam keunggulan tersebut. Kondisi positif ini berlanjut ke babak kedua hingga Indonesia menang dengan skor 6-2.

1. Piala AFF 2000

Terakhir, kemenangan telak Indonesia atas Myanmar terjadi di Piala AFF 2000. Berhadapan di babak penyisihan grup kembali, Indonesia berhasil tampil apik kala menghadapi Myanmar di matchday ketiga sehingga menang telak dengan skor 5-0.

Kelima gol Timnas Indonesia dicetak oleh Gendut Doni, Uston Nawawi, hingga Kurniawan Dwi Yulianto. Sementara Myanmar, mereka benar-benar tak berdaya karena tidak mampu menjebol gawang Indonesia satu kali pun.

Indonesia pun berpeluang menambah catatan manisnya atas Myanmar kala bertemu nanti malam. Menarik untuk melihat racikan sang pelatih, Shin Tae-yong, untuk mengantarkan Indonesia meraih kemenangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini