Naturalisasi 4 Pemain Keturunan untuk Piala AFF 2020, Vietnam Sebut Tanda Shin Tae-yong Ketakutan

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 20 November 2021 07:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 51 2504682 naturalisasi-4-pemain-keturunan-untuk-piala-aff-2020-vietnam-sebut-tanda-shin-tae-yong-ketakutan-j76qZVZcn8.jpg Shin Tae-yong bawa sejumlah pemain keturunan ke Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)

MEDIA asal Vietnam, The Thao 247, mengulas gebrakan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, yang meminta kepada PSSI untuk menaturalisasi empat pemain keturunan. The Thao 247 menyebut, itu merupakan salah bukti ketakutan Shin Tae-yong jelang membawa Timnas Indonesia tampil di Piala AFF 2020.

Target tinggi dibebankan PSSI kepada Shin Tae-yong. Ia ditargetkan membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020.

Kevin Diks

(Kevin Diks, salah satu pemain yang ingin dinaturalisasi Indonesia)

Demi merealisasikan target di atas, salah satu caranya Shin Tae-yong mengajukan empat pemain keturunan untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka ialah Jordi Amat (KAS Eupen), Sandy Walsh (KV Mechelen), Kevin Diks (FC Copenhagen) dan Mees Hilgers (FC Twente).

Sejauh ini, keempat nama di atas sedang diproses naturalisasinya. Hal itu pun telah disampaikan Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

“Indonesia merupakan salah satu lawan Vietnam di Grup B Piala AFF 2020. Mereka memanggil peman naturalisasi untuk menggulingkan Timnas Vietnam,” tulis The Thao 247 dalam artikel berjudul ‘Lawan Vietnam membawa bala bantuan dari Eropa untuk menggila di Piala AFF 2021’.

BACA JUGA: Lini Depan Timnas Indonesia Tumpul Jelang Piala AFF 2020, Faktor Banyak Penyerang Asing di Liga 1?

“Pelatih Shin Tae-yong mengusulkan menaturalisasi empat pemain untuk Piala AFF 2021. Mereka ialah Kevin yang berman di Copenhagen, Sandy Walsh yang bermain di Belgia dan Mees Hilgers bareng FC Twente,” lanjut artikel tersebut.

Jika nama-nama di atas bisa didaftarkan, betapa kuatnya Timnas Indonesia, terutama di lini pertahanan. Sekadar infomasi, keempat nama di atas mentas sebagai pemain belakang.

Jordi Amat

(Jordi Amat kini kapten klub Belgia, KAS Eupen)

Namun, untuk Kevin Diks, ia dapat diperankan sebagai gelandang hingga winger. Berhubung di posisi fullback kanan ada Asnawi Mangkualam maupun Sandy Walsh, Kevin Diks kemungkinan diperankan sebagai winger kanan.

Sejauh ini, proyek naturalisasi yang dijalankan Timnas Indonesia belum kunjung berhasil. Indkator keberhasilan belum adanya gelar juara yang disabet Timnas Indonesia, terutama di Piala AFF.

Namun, jika proyek ini jadi dijalankan, peluang Timnas Indonesia merebut gelar terbuka lebar. Sebab, pemain yang dinaturalisasi saat ini berada di level yang lebih tinggi ketimbang pemain-pemain naturalisasi sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini