Share

Shin Tae-yong Ajukan 4 Pemain Keturunan ke PSSI, Menpora Saran Berusia Muda

Tino Satrio, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 51 2504024 shi-tae-yong-ajukan-4-pemain-keturunan-ke-pssi-menpora-saran-berusia-muda-KddiVfKc9i.JPG Sandy Walsh berfoto di Stadion Utama Bung Karno, Jakarta. (Foto/Instagram Sandy Walsh)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong mengajukan empat pemain keturunan kepada PSSI untuk dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Menyikapi permintaan tersebut, Menpora Zainudin Amali memberikan saran agar pemain keuturunan yang diberi kesempatan membela skuad Garuda Muda, sebaiknya berusia muda.

Shin Tae-yong sebelumnya telah mengajukan empat nama pemain keturunan Indonesia yang bermain di Eropa. Mereka diketahui adalah Sandy Walsh, Mees Hilgers, Kevin Diks, dan Jordi Amat.

Foto/Instagram

Amali tak mempermasalahkan permintaan pelatih asal Korea Selatan tersebut. Hanya saja, dia menekankan agar pemain yang direkrut bisa bermain secara jangka panjang.

Baca juga: Pemain Liga Jepang Riki dan Riku Matsuda Tertarik Gabung Timnas Indonesia

"Usia-usia yang masih muda, yang punya jangka waktu lama bisa bermain di Timnas. Jangan yang sudah di ujung," kata Amali dalam konferensi pers virtul, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Menpora Tak Masalah Shin Tae-yong Ajukan 4 Pemain Keturunan Bela Timnas Indonesia

Pasalnya, ia tak ingin kejadian serupa terjadi. Mengingat PSSI disebut pernah menaturalisasi seorang pemain yang usianya tak lagi muda. Alih-alih membela Timnas, namun masa keemasannya sudah hilang.

Oleh karena itu, Amali menegaskan bahwa hanya pemain yang benar-benar memiliki keturuan Indonesia yang dapat dinaturalisasi. Hal itu karena tak membutuhkan waktu lama, dan tak harus menunggu lima tahun masa tinggal di Tanah Air.

"Saya gak mau terulang apa yang ada sekarang, karena nggak ada garis keturunan maka harus menunggu 5 tahun. itu kan usia orang juga akan menentukan produktivitasnya," tuturnya.

Foto/Instagram

"Keinginan kita naturalisasi itu untuk memperkuat (Timnas). Tapi kalau itu lama dan baru bisa dimasukkan Timanas kan gak ada gunanya. Nah yang pling memungkinkan untuk bisa cepat itu darah keturunan," sambungnya.

Sekadar informasi, Sandy Walsh kini berusia 26 tahun, Mees Hilgers masih 20 tahun. Sedangkan Kevin Diks berumur 25, sementara Jordi Amat berusia 29 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini