Share

Penyerang Timnas Indonesia Tumpul, Shin Tae-yong Mainkan Kevin Diks sebagai Ujung Tombak di Piala AFF 2020?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 51 2503570 penyerang-timnas-indonesia-tumpul-shin-tae-yong-mainkan-kevin-diks-sebagai-ujung-tombak-di-piala-aff-2020-I2VTRRO6Z8.jpg Kevin Diks bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020? (Foto: Instagram/@kevindiks2)

DERETAN penyerang yang dipercaya Shin Tae-yong di Tim Nasional (Timnas) Indonesia belum unjuk gigi. Apakah ini pertanda Shin Tae-yong bakal mengandalkan Kevin Diks sebagai ujung tombak, jika pemain keturunan Indonesia-Belanda itu dapat diturunkan di Piala AFF 2020?

Shin Tae-yong sudah delapan laga memimpin Timnas Indonesia di laga kompetitif. Dari delapan laga itu, skuad Garuda mencetak 11 gol.

Shin Tae-yong

(Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong)

Namun, uniknya dari 11 gol yang dicetak, tak ada satu pun yang dilesakkan penyerang Timnas Indonesia. Lantas, siapa saja penyerang Timnas Indonesia yang dipercaya Shin Tae-yong sejauh ini?

Mereka ialah Kushedya Yudo dan Dedik Setiawan. Sejauh ini, gol-gol Timnas Indonesia diciptakan gelandang maupun pemain sayap macam Evan Dimas, Kadek Agung, Ramai Rumakiek hingga Witan Sulamen.

Sebagai persiapan turun di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong sebenarnya juga membawa dua nama lain yakni Ezra Walian dan Hanis Saghara. Namun, dua nama ini juga belum menunjukan ketajamannya saat membela klub masing-masing di Liga 1 2021-2022.

BACA JUGA: Kualitas Pemain Naturalisasi Jauh Lebih Berkelas, Timnas Indonesia Ciptakan Sejarah di Piala AFF 2020?

Ezra Walian baru mencetak satu gol dari sembilan pertandingan bersama Persib Bandung. Sementara Hanis Saghara, gagal mencetak satu gol pun dari tiga pertandingan bareng Persikabo 1973.

Karena itu, jika proses naturalisasi kelar sebelum 5 Desember 2021, akankah Kevin Diks dimainkan Shin Tae-yong sebagai ujung tombak? Sebenarnya, posisi bermain utama Kevin Diks adalah fullback kanan.

Kevin Diks

(Kevin Diks (paling kiri) berpotensi bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020)

Akan tetapi, pemain FC Copenhagen ini dapat diperankan di beberapa posisi lain. Sebut saja fullback kiri, gelandang hingga winger kanan. Dapat bermain di banyak posisi juga meningkatkan kemampuan Kevin Diks dalam mencetak gol.

Terbukti dari 26 pertandingan di semua kompetisi bersama FC Copenhagen, Kevin Diks mengemas tujuh gol dan delapan assist! Sekadar infomasi, koleksi tujuh gol menempatkan Kevin Diks sebagai pemain tertajam ketimbang personel Timnas Indonesia lain saat ini.

Sekarang, tentu harapannya proses naturalisasi Kevin Diks berjalan lancar. Dengan begitu, mantan pemain Feyenoord Rotterdam ini dapat ambil bagian membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini