Fernando Santos Beberkan Penyebab Portugal Kalah dari Serbia

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Senin 15 November 2021 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 51 2501763 fernando-santos-beberkan-penyebab-portugal-kalah-dari-serbia-9gkz8LocaV.JPG Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos. (Foto: Reuters)

LISBON – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Portugal, Fernando Santos membeberkan penyebab utama timnya bisa kalah 1-2 dari Serbia di laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Senin (15/11/2021) dini hari WIB. Menurut Santos, penyebab utamanya karena Portugal tak memiliki perkembangan dari laga-laga sebelumnya, sehingga mereka lagi-lagi sulit menang.

Pahitnya, kekalahan dari Serbia membuat Portugal membuang peluang terbesar mereka untuk lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar. Serbia yang menang justru menjadi perwakilan Grup A untuk menempati satu tempat di Piala Dunia 2022.

Bertanding di Stadion Lisbon, Portugal, Senin (15/11/2021) dini hari WIB, Timnas Portugal sebenarnya unggul terlebih dahulu. Hal itu berkat gol yang dibuat oleh Renato Sanches saat laga baru berjalan dua menit.

Baca Juga: Portugal Gagal Rebut Tiket Piala Dunia 2022 dari Serbia, Cristiano Ronaldo Menangis

Portugal vs Serbia

Timnas Serbia yang bermain ngotot membalasnya lewat Dusan Tadic (35). Mereka kemudian membalik keunggulan lelalui gol telat Aleksandar Mitrovic yang dibuat pada menit ke-90.

Kejadian itu membuat Portugal gagal menang pada dua laga secara beruntun. Mereka sebelumnya juga bermain imbang ketika melawan Timnas Irlandia dengan skor 0-0.

Santos pun mengakui jika penampilan skuad binaannya tak mengalami perkembangan yang nyata. Ditambaah Santos melihat mereka banyak membuang peluang serta lebih banyak mendapat tekanan.

“Memang benar, penampilan kami tidak lebih baik ketimbang saat bertemu Irlandia. Di atas kertas, seharusnya lebih baik. Kami memulai laga dengan baik dan mencetak gol,” kata Santos dikutip RTP, Senin (15/11/2021).

“Kami kemudian mulai kehilangan bola dan banyak bertahan. Sementara lawan lebih banyak memainkan lini tengahnya. Saya kemudian menjelaskan hal tersebut kepada para pemain,” ujarnya.

Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos

“Pemain sayap kami tidak dapat saling berdekatan dan harus bekerja keras. Kami selalu menemui kesulitan. Ketika mendapatkan bola, kami malah membuang peluang. Ketika kami mulai menyerang, kami selalu dapat menciptakan ancaman untuk lawan. Namun, kami tak mampu melakukannya,” tutur Santos.

Dengan kekalahan itu, Portugal gagal meraih tiket langsung ke Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Namun, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan masih memiliki jalan untuk bisa tampil di kompetisi sepakbola empat tahunan tersebut.

Jalan yang akan dilewati Portugal adalah babak playoff, yang dikenal terjal. Jadi, peluang Portugal untuk lolos masih 50:50.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini