Share

Hasil Irlandia vs Portugal di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Cristiano Ronaldo Melempem, Skor Sama Kuat

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 04:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 51 2500528 hasil-irlandia-vs-portugal-di-kualifikasi-piala-dunia-2022-zona-eropa-cristiano-ronaldo-melempem-skor-sama-kuat-SBv7828cfP.jpg Cristiano Ronaldo gagal bawa Portugal menang atas Irlandia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. (Foto: REUTERS/Paul Childs)

HASIL Republik Irlandia vs Portugal di lanjutan Grup A Kualifikasi Piala Duna 2022 zona Eropa berakhir sama kuat 0-0. Bermain di Aviva Stadium, Jumat (12/11/2021), tak ada gol yang tercipta hingga akhir pertandingan.

Meski imbang, Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo berhak naik ke puncak klasemen Grup A dengan koleksi 17 angka. Poin itu sama persis dengan Serbia di tempat kedua.

Rencananya pada Senin, 15 November 2021 dini hari WIB, Serbia dan Portugal akan bertemu di laga pamungkas untuk menentukan tim mana yang lolos otomats ke Piala Dunia 2022. Sekadar informasi, hanya juara grup yang lolos otomatis ke Piala Dunia 2022.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada awal babak pertama, Portugal langsung mengambil alih pertandingan. Mereka mendominasi dengan serangan bola-bola pendek cepat.

Memasuki menit 12, Andre Silva melesatkan tendangan keras dari sudut sempit. Beruntung kiper Irlandia Gavin Bazunu merespons dengan sigap dan menepis bola ke atas gawangnya.

Cristiano Ronaldo

Lima menit kemudian, gantian Cristiano Ronaldo yang melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Akan tetapi, tendangannya berhasil diblok oleh pemain belakang Irlandia.

Tak diam begitu saja, Irlandia mulai keluar dari tekanan Portugal di pertengahan babak pertama. Mereka berhasil mendapatkan peluang lewat Callum Robinson pada menit 26, tapi bola dari tendangan jarak jauhnya masih mengarah tepat ke pelukan kiper Portugal, Rui Patricio.

Setengah jam laga berjalan, Cristiano Ronaldo kembali mengancam gawang Irlandia. Pemain Manchester United itu menanduk bola dengan keras setelah mendapat crossing dari Diogo Dalot. Tapi, karena diganggu oleh pemain belakang Irlandia, sundulannya tidak tepat sasaran.

Setelah itu, Portugal terus menekan pertahanan Irlandia. Mereka beberapa kali mendapatkan tendangan sudut tapi tidak ada yang berbuah gol.

Lima menit terakhir di babak pertama, Irlandia gantian mengurung pertahanan Portugal. Mereka berulang kali melepaskan umpan berbahaya ke kotak penalti, namun tidak menghasilkan gol. Alhasil, skor kacamata pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Usai jeda, Irlandia mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Pada menit 53, Josh Cullen melepaskan tendangan melengkung ke arah Rui Patricio yang dengan sigap menyelamatkan gawangnya.

Dua menit berselang, Cristiano Ronaldo menendang bola dengan keras dan diblok oleh Shane Duffy. Ia merasa mantan bek Everton itu menahan bola dengan tangan dan melakukan protes keras, tapi wasit tidak memberikan pelanggaran apa pun.

Pada menit 67, tandukan Cristiano Ronaldo yang menyambut umpan manis Andre Silva nyaris membuka papan skor. Sayangnya, masih belum tepat sasaran karena bola melebar di sisi kiri gawang Irlandia.

Terus berusaha, Irlandia kembali mendapatkan peluang pada menit 73 lewat Duffy. Akan tetapi, tendangannya dari jarak dekat kurang bertenaga sehingga Rui Patricio bisa menangkapnya dengan mudah.

Tiga menit kemudian, Enda Stevens nyaris memecah kebuntuan Irlandia. Pemain Sheffield United itu menembak bola sekuat tenaga menyambut umpan tarik dari Ogbene. Namun, hanya tipis berada di sisi kiri gawang Portugal.

Sepuluh menit jelang waktu normal berakhir, Cristiano Ronaldo melakukan skill individu untuk menusuk ke kotak penalti Irlandia. Setelah berhasil melewati dua orang, ia melepaskan tendangan melengkung ke pojok kanan atas gawang, tapi masih belum membuahkan gol.

Petaka bagi Selecao tiba pada menit 81. Pepe yang menyikut Robinson mendapatkan kartu kuning kedua sehingga harus keluar dari lapangan lebih awal. Hal itu membuat Portugal bermain dengan 10 orang pemain di menit-menit krusial.

Unggul jumlah pemain, Irlandia menyerbu pertahanan Portugal yang mulai keteteran. Mereka terus mencoba memecah kebuntuan lewat variasi serangan yang dilakukan Robinson dan Adam Idah.

Akan tetapi, Portugal berhasil melakukan strategi parkir bus dengan baik dan gantian membuat para pemain tim tuan rumah frustrasi. Alhasil, hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gol yang tercipta. Pertandingan pun berakhir dengan skor kacamata.

Berikut adalah susunan pemain Irlandia vs Portugal:

IRLANDIA (3-4-3): Gavin Bazunu; Seamus Coleman (c), Shane Duffy, John Egan; Matt Doherty, Josh Cullen, Jeff Hendrick, Enda Stevens; Chiedozie Ogbene, Callum Robinson, Jamie McGrath.

Cadangan: Jason Knight, Caoimhin Kelleher, Ryan Manning, Troy Parrott, Mark Travers, Callum O'Dowda, Conor Hourihane, Nathan Collins, Alan Browne, Adam Idah, James McClean, Will Keane.

PORTUGAL (4-3-3): Rui Patricio; Nelson Semedo, Pepe, Danilo Pereira, Diogo Dalot; Joao Palhinha, Matheus, Bruno Fernandes; Cristiano Ronaldo (c), Andre Silva, Goncalo Guedes.

Cadangan: Ruben Neves, Diogo Costa, Diogo Jota, William Carvalho, Joao Moutinho, Jose Sa, Joao Felix, Rafael Leao, Joao Cancelo, Ruben Dias, Jose Fonte, Renato Sanches.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini