Jelang Persija dan Persebaya, Aji Santoso Kecam Kinerja Wasit Liga 1 2021-2022

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 49 2491332 jelang-persija-dan-persebaya-aji-santoso-kecam-kinerja-wasit-liga-1-2021-2022-SlwuKdK8sI.jpg Aji Santoso kecam kinerja wasit Liga 1 2021-2022. (Foto/Persebaya Surabaya)

SOLO Persebaya Surabaya akan menghadapi Persija Jakarta pada pekan kesembilan Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (25/10/2021). Menjelang laga, Aji Santoso mengecam sejumlah wasit yang dianggapnya memiliki kinerja buruk saat memimpin pertandingan.

Pada laga sebelumnya, Persebaya menghadapi Persela Lamongan. Dalam satu momen, gol striker Persebaya Surabaya tak disahkan wasit Mustofa Umarella. Laga sendiri berakhir imbang 1-1.

Baca juga: Jadwal Liga 1 2021-2022 di Pekan Kesembilan: Ada Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya

“Mereka ngerti aturan gak? Kan udah ada rule sama meeting[-nya. Jadi kami mikir macem-macem itu sengaja atau nggak. Semoga mereka instropeksi diri,” ujar Aji saat konferensi pers jelang melawan Persija, Senin (25/10/2021).

Foto/Persela Lamongan

Lebih lanjut, Aji mengharapkan adanya sanksi tegas dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI untuk wasit. Mantan pelatih Persela Lamongan itu berharap bahwa federasi berlaku adil dengan membuat sanksi untuk wasit, tidak hanya pemain dan pelatih.

Baca juga: Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan Berakhir Imbang, Aji Santoso Serukan Penggunaan VAR di Liga 1

“Harusnya gak Cuma pemain atau pelatih yang dihukum kalo bikin salah, harusnya mereka juga dihukum,” lanjutnya.

Sementara Persija juga pernah menjadi korban atas kinerja wasit. Pada laga menghadapi Arema FC, Rio Fahmi dijatuhkan di kotak terlarang.

Oki Dwi Putra yang memimpin jalannya laga mengabaikkan pelanggaran terhadap pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut. Kamudian, terdapat insiden pada meint injury time dimana gol Marko Simic dianulir.

Penyerang asal Kroasia tersebut dianggap melakukan pelanggaran terlebih dahulu kepada kiper Adilson Maringa. Persija pun harus kalah dari Arema dengan skor 0-1.

Foto/Twitter

Akan tetapi,Angelo tetap tidak ingin berburuk sangka. Pelatih asal Italia tersebut menganggap bahwa keputusan-keputusan absurd yang diberikan wasit murni merupakan human error.

“Saya tidak mau mengomentari wasit. Saya menghargai keputusan wasit. Saya tidak mau menghakimi mereka karena mereka juga manusia. Kami hanya bisa berharap bahwa wasit dapat memimpin jalannya laga dengan baik,” ujar Angelo.

Saat ini, Persija berada di posisi kelima dengan perolehan 13 poin, hasil dari tiga kemenangan, empat hasil imbang dan satu kekalahan. Sementara itu, tim berjuluk Bajul Ijo berada di posisi ke-10 dengan perolehan tiga kemenangan, satu hasil imbang dan empat kekalahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini