Persib Bandung vs PSS Sleman: Ini Kunci Maung Bandung Balikkan Kedudukan dan Raih Kemenangan

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 00:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 49 2490436 persib-bandung-vs-pss-sleman-ini-kunci-maung-bandung-balikkan-kedudukan-dan-raih-kemenangan-iPw3M3TOcS.jpg Robert Rene Alberts ungkap kunci kemenangan Persib Bandung atas PSS Sleman. (Foto: Persib.co.id/Amandeep Rohimah)

PELATIH Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengungkap penyebab kenapa timnya bisa membalikkan kedudukan dan menang 4-2 atas PSS Sleman di pekan kedelapan Liga 1 2021-2022. Juru taktik asal Belanda itu mengaku, perubahan formasi di babak kedua membuat Persib Bandung bangkit dalam laga yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jumat 22 Oktober 2-21 malam WIB.

Dalam laga ini, Persib Bandung tertinggal lebih dulu di babak pertama melalui gol Nemanja Kojic. Gol ini berawal dari kesalahan passing pemain Persib Bandung yang berujung fatal.

Mohamed Rashid

(Mohamed Rashid cetak dua gol di laga Persib Bandung vs PSS Sleman. (Foto: Persib.co.id)

Hal ini juga tidak terlepas dari strategi yang diterapkan Persib Bandung. Skuad berjuluk 'Maung Bandung' telat panas dan terbawa arus permanan bertahan lawan.

"Di babak pertama kita memainkan bola lambat, kemudian tidak diiringi dengan speed dari beberapa pemain yang harusnya bisa memanfaatkan situasi itu, dan kita melakukan kesalahan sendiri di babak pertama," kata pelatih Persib Robert Alberts.

Di babak pertama, pria asal Belanda itu memasang formasi berbeda. Ia menempatkan tiga gelandang, yaitu Mohammed Rashid, Marc Klok, dan Dedi Kusnandar. Sementara itu, sektor sayap diisi Febri Hariyadi dan Frets Butuan untuk menopang Ezra walian.

Komposisi ini diakuinya tak berhasil. Sebab, Persib Bandung belum pernah menerapkannya dalam pertandingan sebelum-sebelumnya.

BACA JUGA: Hasil Persib Bandung vs PSS Sleman di Pekan Kesembilan Liga 1 2021-2022: Maung Bandung Sukses Comeback

Di babak kedua, perubahan strategi dilakukan. Dedi dan Febri digantikan duo striker Geoffrey Castillion dan Wander Luiz. Para pemain pun diminta bermain cepat, terutama dalam mengalirkan bola ke pertahanan lawan.

Hasilnya pun sangat efektif. Empat gol berhasil disarangkan ke gawang lawan. Namun, pemainnya masih melakukan kesalahan sehingga PSS Selman sempat mencetak satu gol jelang babak kedua berakhir.

Robert Rene Alberts

(Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. (Foto: Persib.co.id)

"Dan itu berhasil karena Sleman sejak babak pertama selali bertahan seperti (parkir) bus, menunggu kita melakukan kesalahan, dan melakukan counter attack. Itu kita antisipasi dan di babak kedua kita bisa lepas meski terjadi lagi kesalahan yang harusnya tidak dilakukan," jelas Robert.

Sementara itu, kapten tim Achmad Jufriyanto bersyukur atas kemenangan yang diraih. Apalagi, kemenangan diraih dengan kerja keras. Ia pun berharap hasil manis dalam dua laga terakhir Persib terus berlanjut ke depan.

"Terlepas dari dua hasil bagus kemarin (melawan Bhayangkara FC dan PSS), itu bukan hanya kerja keras saya sebagai pemain sendiri, tapi kerja keras semua pemain," lanjut Jupe, sapaan akrabnya.

Berkat kemenangan ini, Persib Bandung kukuh di posisi dua klasemen Liga 1 2021-2022 dengan 16 angka, terpaut dua poin dari PSIS Semarang di puncak. Sementara PSS Sleman, masih terdampar di urutan ke-13 dengan delapan angka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini