5 Klub Besar yang Kalah Memalukan di Liga Champions, Nomor 1 Paling Tragis

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 51 2488403 klub-besar-yang-kalah-memalukan-di-liga-champions-nomor-1-paling-tragis-ZTw2rT7Nwo.jpg Real Madrid kalah dari Sherriff Tiraspol 1-2. (Foto/Reuters)

LIMA klub besar dalam daftar ini pernah menelan kekalahan memalukan saat berlaga di Liga Champions. Tragisnya, mereka kalah dari klub yang secara statistik jauh di bawah mereka.

Liga Champions 2021-2022 akan segera memainkan laga ketiga. Pada dua laga sebelumnya, ada beberapa momen yang mendebarkan. Namun, yang paling diingat saat Real Madrid dikalhkan dari debutan klub asal Moldova Sheriff Tiraspol. Los Blancos kalah dengan skor 2-1 di Santiago Bernabeu bulan lalu.

Seperti Real Madrid, berikut kekalahan memalukan klub besar di Liga Champions:

5. FC Basel 2-1 Manchester United (Desember 2011)

FC Basel telah mengalahkan banyak tim besar dalam sejarah mereka. Tapi alasan yang satu ini sangat karena membuat Manchester United bergeser ke Liga Eropa.

Man United sebenarnya tergabung dengan klub yang cukup mudah pada musim 2011-2012. Mereka melawan Benfica dan tim kecil Rumania, Oțelul Galați, serta Basel.

Foto/Reuters

Namun serangkaian hasil mengecewakan membuat mereka membutuhkan setidaknya hasil imbang di laga terakhir untuk memastikan tempat di babak 16 besar. Hanya saja, hasilnya tidak sesuai.

Baca juga: 5 Pemain Ternama yang Ngambek Usai Kalah di Perebutan Trofi Ballon dOr, Nomor 1 Picu Kontroversi

Basel unggul lewat Marco Streller dan Alexander Frei. Man Unite hanya mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol phil Jones satu menit jelang laga usai. Hasil itu membuat Man United tertingkir, sementara lolos ke babak 16 besar.

4. Celtic 2-1 Barcelona (November 2012)

Dalam salah satu pertandingan paling sensasional di Liga Champions yang. Celtic mampu mengalahkan Barcelona yang dominan meski hanya memiliki berhasil melakukan penguasaan bola 16%.

Baca juga: 5 Pelatih Terbaik Chelsea di Era Roman Abramovich, Nomor 1 si Juru Taktik Sombong

Pertandingan memang sudah diprediksi tidak akan seimbang. Juara Skotlandia itu habis dibom bardir oleh Barcelona dengan rentetan serangan dari tim tamu.

Foto/Reuters

Namun, gol-gol dari Victor Wanyama dan Anthony Watt membantu tim meraih tiga poin. Sedangkan Barca hanya mampu mencetak satu gol lewat Lionel Messi pada menit tambahan.

3. BATE Borisov 3-1 Bayern Munich (Oktober 2012)

Bayern Munich memenangkan treble pertama mereka di musim 2012-2013 setelah dominan di Bundesliga, DFB Pokal dan Liga Champions. Namun, perjalanan mereka tersandung saat melawan tim dari Belarusia, BATE Borisov, Mereka kalah dengan skor 3-1.

Foto/Reuters

Pelatih Bayern Munich saat itu, Jupp Heynckes menurunkan pemain-pemain terbaiknya seperti Manuel Neuer, Thomas Muller, Franck Ribery dan Mario Mandzukic. Namun raksasa Jerman tetap saja kalah.

Tuan mencetak gol lewat Alyaksandr Pawlaw, Zholto-Sinie dan Vitali Rodionov. Sedangkan Bayern hanya mampu membalas berkat gol Franck Ribery.

2. Barcelona 1-2 Rubin Kazan (Oktober 2009)

Pada 2009, Barcelona menelan kekalahan memalukan di rumah mereka sendiri. Barca kalah secara tak terduga dari Rubin Kazan dengan skor 2-1.

Barcelona memulai pertandingan dengan menurunkan pemain kunci mereka seperti Lionel Messi, Xavi, Andres Iniesta, Zlatan Ibrahimovic, Dani Alves, Gerard Pique, Victor Valdes dan Yaya Toure.

Foto/Reuters

Namun Aleksandr Ryazantev membuat tim tamu unggul dulu. Ibrahimovic mampu menyamakan kedudukan. Namun, tim tamu kembali unggul usai Gokdeniz Karadeniz mencetak gol kemenangan pada menit ke-73.

1. Real Madrid 1-2 Sheriff Tiraspol (September 2021)

Raksasa Liga Champions itu dibuat malu oleh klub kecil dari Moldova pada laga kedua Liga Champions 2021-2022. Skuad Carlo Ancelotti kalah 2-1 di Santiago Bernabeu.

Foto/Reuters

Los Blancos memang berhasil mendominasi pada pertandingan tersebut secara dominan. Namun, serangan mereka tidak mematikan.

Sebaliknya tim tamu efektif dalam penyelesaian akhir. Jasurbek Yakhshiboev mencetak gol pada menit 25. Skor mampu disamakan lewat penalti Karim Benzema. Namun, Sebastien Thill mengejutkan Los Blancos dengan tendangan voli yang merubah skor menjadi 1-2 pada menit 89.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini