Hasil Sepakbola PON XX Papua 2021: Tuan Rumah Raih Emas Usai Kalahkan Aceh 2-0

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 49 2486363 hasil-sepakbola-pon-xx-papua-2021-tuan-rumah-raih-emas-usai-kalahkan-aceh-2-0-EyKGPn4uY0.JPG Pemain Papu merayakan gol ke gawang Aceh di PON XX Papua 2021. (Foto/PB PON XX Papua)

JAYAPURA – Tim Papua meraih emas setelah mengalahkan Aceh pada final cabang olahraga sepakbola putra PON XX Papua 2021. Tuan rumah menang dengan dengan skor 2-0 di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Indonesia pada Kamis (14/10/2021) siang WIB.

Papua mampu mencuri gol di awal babak pertama melalui tendangan penalti Ricky Ricardo (4’), lalu menggandakannya pada pertengahan babak pertama menjadi 2-0 lewat M. Arody Uopdana (22’).

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada babak pertama, tim sepakbola Papua yang bermain di depan pendukung sendiri tampil percaya diri. Terbukti, Papua langsung tancap gas bermain menyerang ke lini pertahanan tim sepakbola Aceh.

Hasilnya manis, tuan rumah mampu unggul terlebih dahulu lewat titik putih setelah salah satu pemainnya dilanggar. Ricky Ricardo mampu membawa Papua unggul 1-0 atas Aceh di menit ke-5.

Foto/PON XX Papua 2021

Tim sepakbola Papua terus menggedor pertahanan milik tim sepakbola Aceh. Pantauan MPI mendapati beberapa kali tim sepakbola Aceh kelimpungan terhadap serangan-serangan masif yang dilakukan tuan rumah.

Alhasil, Papua mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-22. Adalah M. Arody Uopdana yang berhasil mengotak-atik lini pertahanan aceh, ia melepaskan tembakan keras dengan kaki kanannya, Papua unggul 2-0.

Sementara, tim asuhan Fakhri Husaini terus mencoba mencari cara menyerang balik. Akan tetapi, solidnya lini pertahanan Papua membikin Akhirul Wadhan dan kolega kesulitan menembusnya.

Pada akhirnya, keunggulan Papua atas Aceh 2-0 bertahan hingga turun minum. Papua bisa mempertahankan keunggulan lewat solidnya lini pertahanan dan serangan efektif yang dimiliki tim tuan rumah.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Aceh langsung tancap gas berusaha untuk menyamakan kedudukan lewat serangan-serangan yang dibangun Akhirul Whadan dan kolega. Akan tetapi, pertahanan Papua kelewat solid.

Sementara, Papua juga tak mau kalah dengan mengandalkan serangan cepat dan efektif. Namun begitu, pertahanan milik tim sepakbola Aceh tak kalah rapihnya sehingga kedudukan 2-0 masih bertahan hingga menit ke-60.

Foto/PON XX Papua 2021

Petaka terjadi di menit ke-63 bagi tim Aceh. Muharrir yang melanggar Ricky Ricardo langsung mendapatkan kartu merah oleh wasit, alhasil tim Aceh harus kehilangan satu pemainnya.

Unggul dalam jumlah pemain, Papua terus menggedor pertahanan milik Aceh. Namun begitu, hingga menit ke-80 tak ada gol tambahan yang tercipta bagi tim tuan rumah.

Pada akhirnya, tim sepakbola Papua berhasil mengalahkan Aceh dengan skor meyakinkan 2-0. Dengan begitu, tim tuan rumah berhasil menambah koleksi medali emas yang dimiliki Papua di PON XX Papua 2021.

Susunan Pemain Papua vs Aceh:

Papua: Adzib Al Hakim, Calvin Rering, Yeter Amohoso, M. Arody Uopdana, Ricky Ricardo, Alpons Migau, Samuel Gideon, Marthin Alessandro, Rapiko B. Nawipa, Ari Wakum, I Nyoman Nikson Ansanay.

Pelatih: Eduard Ivakdalam

Aceh: Chairil Zul Azhar, Rezal Mursalin, Ridha Umami, M. Fayrushi, M. Rizky Yusuf, Riza Rizki, Muharrir, Yasvani, Muzakir, Khairunnas, Akhirul Wadhan.

Pelatih: Fakhri Husaini

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini