5 Pemain Keturunan yang Bisa Bantu Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Nomor 1 Sempat Picu Kontroversi

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 51 2484942 5-pemain-keturunan-yang-bisa-bantu-timnas-indonesia-lolos-ke-piala-asia-2023-nomor-1-sempat-picu-kontroversi-AtdIki1wUo.jpg Ragnar Oratmangoen (kanan), bisa bantu Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (Foto: Instagram/@0ratmangoen)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia akan turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Ini merupakan cara terakhir Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di China pada 16 Juni hingga 16 Juli.

Untuk lolos, Timnas Indonesia mesti keluar sebagai juara grup atau merebut status lima runner-up terbaik. Tentu untuk merealisasikan ini, Timnas Indonesia butuh skuad yang kompetitif.

Sederet pemain keturunan di bawah ini dapat dipertimbangkan untuk dipanggil guna mempermulus langkah Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pemain keturunan yang bisa bantu Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023:

5. Kevin Diks (FC Copenhagen)

Kevin Diks

Kevin Diks tampil luar biasa bersama FC Copenhagen musim ini. Dari 20 penampilan di semua kompetisi, Kevin Diks mengemas tujuh gol dan lima assist. Catatan gol dan assist Kevin Diks masuk kategori sensasional karena pemain berdarah Belanda ini beroperasi sebagai fullback kanan.

BACA JUGA: Calon Lawan Tak Istimewa, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia Pertama Kali dalam 16 Tahun Terakhir Terbuka Lebar

Fleksibilitas posisi juga salah satu kelebihan yang dimiliki Kevin Diks. Ia juga dapat dimainkan sebagai fullback kiri dan gelandang bertahan.

4. Sandy Walsh (KV Mechelen)

Sandy Walsh

Sama seperti Kevin Diks, Sandy Walsh juga mentas sebagai fullback kanan bersama sang klub, KV Mechelen. Dari 10 pertandingan, Sandy Walsh mengoleksi satu gol dan tiga assist.

Sandy Walsh yang memiliki tinggi badan 185 sentimeter, juga dapat diandalkan di posisi lain. Sebut saja bek tengah hingga gelandang kanan. Karena itu, tenaga Sandy Walsh bakal sangat berarti bagi Timnas Indonesia.

3. Ragnar Oratmangoen (Go Ahead Eagles)

Ragnar Oratmangoen

Timnas Indonesia tak memiliki winger yang berani menusuk pertahanan lawan. Sosok Ragnar Oratmangoen yang mentas di kasta tertinggi Liga Belanda bersama Go Ahead Eagles dapat dipertimbangkan pelatih Shin Tae-yong.

Musim ini dari delapan penampilan di Liga Belanda 2021-2022, Ragnar Oratmangoen mengemas satu assist. Hal itu menunjukkan Ragnar Oratmangoen memiliki kualitas untuk mendongkrak performa Timnas Indonesia.

2. Shayne Pattynama (Viking FK)

Shayne Pattynama

Selain ada Kevin Diks dan Sandy Walsh di posisi fullback, ada juga nama Shayne Pattynama. Pemain yang mentas di kasta tertinggi Liga Norwegia bersama Viking FK ini biasa mentas di posisi fullback kiri.

Musim ini, Shayne Pattynama tampil produktif dengan koleksi dua gol dan empat assist dari 18 pertandingan. Selain mentas sebagai fullback kiri, Shayne Pattynama juga dapat diperankan di posisi gelandang.

1. Elkan Baggott (Ipswich Town U-23)

Elkan Baggott

Berbeda dengan nama lain yang belum memiliki paspor Indonesia, lain halnya dengan Elkan Baggott. Elkan Baggott sudah memiliki paspor Indonesia dan bahkan dipanggil untuk membela Timnas Indonesia di tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Juni 2021.

Namun, klub Elkan Baggott tidak melepas sang pemain. Alasannya karena kondisi Covid-19 di UEA selaku venue pertandingan cukup tinggi. Meski begitu, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan Elkan Baggott masih berkomitmen membela Timnas Indonesia.

Karena itu, kehadiran bek bertinggi badan 196 sentimeter itu merupakan senjata mematikan bagi Timnas Indonesia. Jadi, akankah lima nama di atas bisa memperkuat Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini