Calon Lawan Tak Istimewa, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia Pertama Kali dalam 16 Tahun Terakhir Terbuka Lebar

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 51 2484869 calon-lawan-tak-istimewa-timnas-indonesia-lolos-ke-piala-asia-pertama-kali-dalam-16-tahun-terakhir-terbuka-lebar-yXmAFOrz2s.jpg Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023? (Foto: PSSI)

PELUANG Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023 terbuka lebar. Hal itu berdasarkan calon lawan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebelum membahas siapa calon lawan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, ada baiknya membahas format di fase tersebut lebih dulu. Nantinya, sebanyak 24 negara dibagi ke dalam empat pot unggulan. Seperti biasa, semakin kecil potnya, itu berarti diisi tim-tim unggulan.

Timnas Indonesia

Setelah pembagian pot, sebanyak 24 negara dibagi ke dalam enam grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan empat tim. Nantinya, hanya juara grup (6 tim) yang lolos otomatis ke putaran final Piala Asia 2023.

Kemudian, sisanya (5 tim) dicari lima runner-up terbaik di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia sendiri ditempatkan di pot keempat atau paling buncit.

Namun, penghuni pot 1 pun tak bisa dibilang masuk kategori mewah. Dari enam penghuni pot 1, hanya Uzbekistan dan Bahrain yang masuk kategori istimewa. Namun, Timnas Indonesia pun pernah mengalahkan Bahrain 2-1, tepatnya di Piala Asia 2007.

BACA JUGA: Sisa 11 Slot, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023?

Sementara itu, empat penghuni pot 1 lainnya adalah Yordania, Kirgiztan, Palestina, India. Secara kualitas, jika Shin Tae-yong sudah menemukan formulasi tepat, Timnas Indonesia dipercaya dapat mengimbangi negara-negara tersebut.

Begitu juga di pot 2. Tak ada tim yang benar-benar menakutkan. Pot 2 hanya ditempati Tajikistan, Thailand, Filipina, Turkmenistan, Kuwait dan Myanmar. Bisa dibilang, penghuni pot 1 dan 2 inilah lawan sebenarnya Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023.

Timnas Filipina

(Timnas Indonesia bisa bertemu Timnas Filipina)

Karena itu, penting bagi Shin Tae-yong menutupi berbagai kekurangan yang dimiliki Timnas Indonesia saat ini. Satu lagi, pemanggilan pemain keturunan yang berkeinginan membela Timnas Indonesia seperti Kevin Diks dan Sandy Walsh tak ada salahnya. Toh, mereka sudah membuktikan dapat tampil apik bersama klubnya masing-masing.

Pencinta sepakbola Tanah Air sudah rindu melihat Timnas Indonesia tampil di Piala Asia. Terakhir kali Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2007, atau 16 tahun dari 2023! Saat itu pun Timnas Indonesia lolos ke putaran final karena berstatus tuan rumah. Jadi, sanggup lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia?

Berikut pembagian pot babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023:

Pot 1: Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kirgiztan, Palestina, India

Pot 2: Tajikistan, Thailand, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, Myanmar

Pot 3: Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Malaysia, Maladewa, Singapura

Pot 4: Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Langka, Indonesia, Guam/Kamboja

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini