5 Pemain Naturalisasi yang Berpotensi Bikin Timnas Indonesia Makin Kuat di Piala AFF 2020, Nomor 1 Bomber Tajam

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 51 2484421 5-pemain-naturalisasi-yang-berpotensi-bikin-timnas-indonesia-makin-kuat-di-piala-aff-2020-nomor-1-bomber-tajam-HsJ8FAxdrV.jpg Ilija Spasojevic pemain naturalisasi yang layak bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (Foto: Instagram/@spaso_87)

INDONESIA gencar melakukan naturalisasi pemain sejak 2010. Maksud dari program naturalisasi ini adalah demi mendongkrak prestasi sepakbola Indonesia secara instan.

Karena itu, mengandalkan pemain naturalisasi juga dapat dijadikan opsi oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat skuad Garuda turun di Piala AFF 2020 yang dilangsungkan di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Pemain-pemain naturalisasi di bawah ini dipercaya dapat mendongkrak performa Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Lantas, siapa saja yang dimaksud?

Berikut 5 pemain naturalisasi yang berpotensi bikin Timnas Indonesia makin kuat di Piala AFF 2020:

5. Greg Nwokolo (Tanpa Klub)

Greg Nwokolo

Greg Nwokolo saat ini memang berstatus tanpa klub. Namun, bukan berarti pemain berdarah Nigeria ini tidak memiliki kualitas. Soal berduel satu lawan satu, sulit bagi bek mana pun untuk mengalahkan eks pemain Persija Jakarta ini.

BACA JUGA: 3 Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Berhubung di skuad Timnas Indonesia tak memiliki penyerang jempolan, nama Greg Nwokolo dapat dipertimbangkan. Sekarang, tugas Greg Nwokolo adalah meningkatkan kemampuan fisiknya demi bersaing dengan pemain lain.

4. Ezra Walian (Persib Bandung)

Ezra Walian

(Foto: Persib.co.id)

Ezra Walian merupakan runner-up top skor Piala Menpora 2021 dengan koleksi enam gol dari tiga pertandingan. Hal itu menunjukkan kegarangan Ezra Walian di depan gawang lawan.

Pemain berdarah Indonesia-Belanda ini dapat dimainkan sebagai second striker dan winger kiri. Kehadiran Ezra Walian membuat Shin Tae-yong memiliki banyak opsi pemain di posisi tersebut.

3. Marc Klok (Persib Bandung)

Marc Klok

(Foto: Persib.co.id)

Marc Klok tampil apik bersama Persib Bandung musim ini. Ia mengemas satu gol dari enam laga bersama Maung Bandung. Dalam pola 4-2-3-1 racikan Shin Tae-yong, Marc Klok dapat dijadikan pilihan sebagai salah satu pengisi double pivot.

Kekuatan fisik, tembakan dan skill olah bola, merupakan beberapa kelebihan Marc Klok yang dapat dimanfaatkan Timnas Indonesia. Jadi, tertarikkah Shin Tae-yong dengan pemain berdarah Belanda terseebut?

2. Stefano Lilipaly (Bali United)

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly sudah dua tahun terakhir tak dipanggil Timnas Indonesia. Padahal, Stefano Lilipaly bermain cukup konsisten bersama sang klub, Bali United, di posisi second striker.

Di skuad Timnas Indonesia saat ini ada sejumlah pemain yang dapat dimentaskan sebagai second striker seperti Evan Dimas, Adam Alis, Ricky Kambuaya hingga Egy Maulana Vikri. Namun, intelegensia Stefano Lilipaly yang pernah membawa Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016 dapat dijadikan opsi.

1. Ilija Spasojevic (Bali United)

Ilija Spasojevic

Timnas Indonesia tak memiliki penyerang jempolan di skuad saat ini. Kushedya Yudo yang diturunkan di laga leg I playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Taiwan, bermain di bawah ekspektasi.

Karena itu, nama Ilija Spasojevic dapat dikedepankan untuk dibawa ke Piala AFF 2020. Penyerang asal Montenegro itu tampil garang bersama Bali United musim ini.

Hanya dari enam pertandingan, Ilija Spasojevic mengemas lima gol! Karena itu, akankah nama-nama di atas membuat Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini