5 Perbedaan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Nomor 1 Rela Jadi Pagar Betis

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 08:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 51 2481359 5-perbedaan-cristiano-ronaldo-dan-lionel-messi-nomor-1-rela-jadi-pagar-betis-FMLYkkSATV.jpg Perbedaan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Foto: Reuters)

CRISTIANO Ronaldo (Manchester United) dan Lionel Messi (Paris Saint-Germain) adalah dua megabintang sepakbola saat ini yang kerap dibandingkan. Semua orang tertarik untuk mencari tahu siapa yang lebih baik di antara mereka.

Lalu, apa perbedaan di antara kedua megabintang itu? Melansir dari Sportskeeda, Selasa (5/10/2021), berikut lima perbedaan Ronaldo dan Messi.

5. Gaya Main

Lionel Messi (Foto: Reuters)

Ronaldo dan Messi memiliki perbedaan dalam gaya main. Ronaldo lebih sering beredar di kotak penalti lawan guna mencetak gol, sedangkan Messi lebih sering turun menjemput bola untuk mengkreasikan serangan.

Ronaldo bertransformasi dari sayap menjadi penyerang dengan kekuatan, kecepatan, dan ketajaman di depan gawang pada umurnya yang menginjak 36 tahun. Messi, yang lebih muda dua tahun, bermain lebih teknis dengan banyak menggiring bola dari tengah, lalu memberi umpan dengan visinya atau menyelesaikan sendiri lewat tendangannya.

4. Penyelesaian Akhir

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Ronaldo dan Messi sama-sama memiliki ketajaman yang luar biasa. Ronaldo unggul dalam jumlah gol ketimbang Messi, tetapi mereka sama-sama sudah mencetak lebih dari 700 gol sejauh ini.

Untuk ketajaman di depan gawang, Ronaldo bisa dikatakan lebih unggul. Sebab, pemain Portugal itu sudah bertransformasi dari sayap menjadi penyerang. Messi juga tajam, tetapi dia juga banyak terlibat dalam penciptaan peluang.

3. Kaki Terkuat

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Ronaldo dan Messi sudah menciptakan gol dengan semua bagian tubuh mereka. Akan tetapi, kaki tetap menjadi senjata utama kedua megabintang itu.

Untuk kekuatan kedua kaki, Ronaldo lebih unggul ketimbang Messi. Messi sangat sering mencetak gol dengan kaki kirinya, tetapi tidak dengan kaki kanannya. Sementara itu, Ronaldo punya catatan gol bagus dengan kaki kirinya meski bukan pemain kidal. Ronaldo sudah mencetak 145 gol dengan kaki kiri dari total 790 gol dalam kariernya.

2. Kemampuan di Udara

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Ronaldo memiliki fisik yang lebih atletis ketimbang Messi. Pemain Argentina itu hanya memiliki tinggi 1,69 meter, sedangkan Ronaldo tingginya 1,87 meter.

Postur tinggi Ronaldo membuatnya kerap memenangkan duel di udara. Dia pun sudah menciptakan banyak gol dengan kepalanya. Tidak jarang, Ronaldo membuat gol sundulan yang luar biasa setelah melompat dengan sangat tinggi. Ronlado sudah 137 kali membobol gawang lawan dengan kepalanya, sedangkan Messi hanya mencatatkan 26 gol.

1. Kerja Sama Tim

Lionel Messi (Foto: Reuters)

Untuk kerja sama tim, Messi bisa dikatakan lebih unggul ketimbang Ronaldo. Messi kerap terlibat saat timnya membangun serangan dengan bertindak seperti playmaker, sedangkan Ronaldo lebih sering berada di kotak penalti lawan.

Selain itu, Messi bahkan tidak masalah untuk menjadi pagar betis dalam tendangan bebas. Teranyar, Messi berbaring di belakang pagar betis timnya saat PSG menang 2-0 atas Manchester City di Liga Champions 2021-2022.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini