Mengenal Induk Organisasi Sepak Bola Internasional

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 51 2481177 mengenal-induk-organisasi-sepak-bola-internasional-HnNXeS8HEn.jpg Mengenal induk organisasi sepak bola internasional. (Foto: Reuters)

INDUK organisasi sepak bola internasional jadi salah satu hal yang penting diketahui. Sebab, dari induk organisasi ini, beragam macam aturan dibuat sehingga permainan sepak bola yang seru dan menarik bisa tersaji sampai saat ini.

Ya, sepak bola memang telah jadi salah satu olahraga paling difavoritkan masyarakat dunia. Tak ayal, beragam laga sepak bola selalu dipenuhi penonton, terlebih jika menampilkan aksi sederet pemain bintang, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Induk organisasi sepak bola

(Aksi Cristiano Ronaldo)

Karena itu, penting memahami serba-serbi di dunia sepak bola. Salah satunya adalah soal induk organisasi sepak bola internasional. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, mari mengenal lebih jauh induk organisasi sepak bola internasional.

BACA JUGA: 10 Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasannya

Induk Organisasi Sepak Bola Internasional

Induk organisasi sepak bola internasiolan bernama FIFA. Kepanjangan dari FIFA sendiri adalah Federation Internationale de Football Association.

FIFA didirikan pada 21 Mei 1904. Bertempat di belakang Gedung Asosiasi Atletik Prancis, perwakilan dari beberapa negara Eropa hadir untuk membentuk FIFA.

Sejarah Berdirinya FIFA

Perwakilan yang hadir pada kala itu berasal dari Prancis (Robert Guerin), Spanyol dalam hal ini Real Madrid (Andre Espir), Belgia (Louis Muehlinghaus dan Max Kahn), Swiss (Victor E Schneider), Belanda, dan Swedia. Awalnya, beberapa perwakilan negara Eropa tersebut mengajak Federasi Sepakbola Inggris (FA) untuk bergabung dengan FIFA.

Induk organisasi sepak bola

(Logo FIFA)

Sayangnya, tawaran tersebut ditolak oleh pihak FA tanpa alasan yang jelas. Di saat yang bersamaan, pihak FIFA juga sudah mencoba mendapat dukungan dari beberapa federasi sepakbola di seluruh dunia.

Dalam pertemuan yang digelar pada 21 Mei 1904 itu, dibuat juga statuta FIFA pertama. Isinya membahas soal kehadiran dan peran setiap negara anggota, para pemain sepakbola tidak boleh membela dua negara dan klub di saat bersamaan, pengakuan sanksi pemain oleh federasi negara lain, dan memainkan pertandingan sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan.

Berdasarkan situs resmi FIFA, statuta tersebut mulai diberlakukan pada 1 September 1904. Induk organisasi sepak bola internasional ini pun terus terjaga sampai saat ini.

Kini, FIFA dipimpin Gianni Infantino. Jumlah anggota FIFA terus bertambah dan kini sudah mencapai 211 anggota yang disebut dengan asosiasi. Dari 211 anggota itu, ada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang juga tergabung di dalamnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini