Sikap Badan yang Benar saat Menahan Bola dengan Telapak Kaki

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 51 2480269 sikap-badan-yang-benar-saat-menahan-bola-dengan-telapak-kaki-nFnScO6WXf.jpg Sikap badan yang benar saat menahan bola dengan telapak kaki. (Foto: Reuters)

SIKAP badan yang benar saat menahan bola dengan telapak kaki penting diketahui. Dengan begitu, permainan sepakbola bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

Ya, sepakbola sendiri diketahui menjadi salah satu olahraga favorit di dunia. Tak ayal, pertandingan-pertandigan sepak bola di seluruh belahan dunia selalu dihadiri banyak penonton, terlebih jika pemain bintang yang berlaga, seperti Cristiano Ronaldo hingga Lionel Messi.

BACA JUGA: 7 Teknik Shooting dalam Permainan Sepak Bola dan Tujuannya

Dengan begitu, serba-serbi dalam dunia sepakbola selalu menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah sikap badan yang benar saat menahan bola dengan telapak kaki. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut sikap badan yang benar saat menahan bola dengan telapak kaki.

BACA JUGA: Sejarah Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya

Sikap Badan yang Benar

Olahraga sepakbola memang diketahui lebih mengutamakan gerakan pada kaki. Tak ayal, ada beragam tips yang perlu diketahui agar gerakan kaki bisa lebih tepat saat mengolah si kulit bundar di lapangan.

Sikap badan yang benar saat menahan laju bola dengan telapak kaki

(Lionel Messi saat beraksi di lapangan. Foto: PSG)

Salah satunya adalah cara menahan bola dengan telapak kaki. Untuk melakukan gerakan ini, posisi badan harus sangat diperhatikan. Pemain harus berada dalam posisi badan yang tegap.

Posisi badan juga harus mengarah ke posisi bola datang. Semua ini dilakukan agar tubuh bisa menggerakkan kaki yang tepat saat menahan laju bola yang datang, karena tak jarang lajunya akan sangat cepat.

Menjaga Fokus

Untuk melakukan sikap badan yang benar saat menahan bola dengan telapak kaki, bukan hanya posisi badan yang perlu diperhatikan. Fokus pemain juga harus terus terjaga.

Sikap badan yang benar saat menahan laju bola dengan telapak kaki

(Cristiano Ronaldo saat beraksi di lapangan. Foto: Reuters)

Sebab, jika fokus pandangan terpecah, bola bisa direbut dengan mudah oleh lawan. Karena itu, penting bagi pemain untuk selalu menjaga fokusnya di sepanjang pertandingan.

Jenis Menahan Bola

Menaham laju bola tak melulu dilakukan dengan telapak kaki. Ada sejumlah cara lain yang bisa dilakukan untuk mengontrol laju bola yang datang.

Setidaknya, ada tujuh jenis cara menahan bola. Ketujuh jenis itu adalah dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki, telapak kaki, paha, dada, dan kepala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini