Sederet Teknik Merebut Bola dalam Sepak Bola

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 51 2476316 sederet-teknik-merebut-bola-dalam-sepak-bola-p0L9R0gCIl.jpg Berikut teknik merebut bola dalam sepak bola. (Foto: Reuters)

TEKNIK merebut bola dalam sepak bola penting untuk diketahui agar permainan yang dilakukan berjalan jauh lebih menarik. Terlebih, sepak bola telah menjadi salah satu olahraga paling digemari di dunia.

Sebagaimana diketahui, olahraga sepak bola sendiri memang menjadi salah satu yang populer di dunia. Tak ayal, pertandingan-pertandingan sepak bola di mancanegara pun selalu menarik minat banyak orang.

BACA JUGA: 3 Alasan Sepak Bola Menjadi Olahraga Populer di Dunia

Karena itu, menarik untuk mengetahui lebih dalam serba-serbi dalam olahraga sepak bola, termasuk teknik dalam merebut bola. Apa saja? Berikut sederet teknik merebut bola dalam sepak bola dan penjelasannya.

BACA JUGA: Ukuran Lapangan dan Gawang dalam Olahraga Sepakbola, Standar Nasional dan Internasional

Merebut Sambil Berdiri

Teknik merebut bola dalam sepak bola bisa dilakukan dalam beragam posisi. Salah satunya adalah dengan merebut bola sambil berdiri.

Teknik merebut bola dalam sepak bola

(Lionel Messi tengah beraksi di atas lapangan)

Teknik ini bisa dilakukan kala bola masih berada di posisi yang terjangkau oleh kaki. Pemain harus bisa menggerakkan sigap kaki dari arah samping atau depan hingga bola direbut.

Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan dalam melakukan teknik ini. Pertama, menempatkan posisi badan di dekat lawan yang memegang bola. Menggerakkan kaku dari samping kiri, kanan, atau depan hingga mengenai tengah-tenga bola yang akan direbut. Setelah bola didapatkan, pemain bisa menggiringnya ke tempat yang dituju.

Merebut Sambil Meluncur

Selanjutnya, ada teknik merebut bola sambil meluncur atau yang juga biasa disebut sliding. Teknik ini bisa dilakukan pemain saat ingin merebut bola atau menjauhkannya dari lawan.

Teknik merebut bola dalam sepak bola

Jika teknik sebelumnya menuntut posisi badan tegak berdiri, kalau teknik sambil meluncur ini akan menampilkan posisi badan yang berbeda dari pemain. Pemain akan merebut bola dengan posisi yang hampir seluruhnya menyentuh lapangan.

Teknik merebut bola yang satu ini pun kerap dilakukan kala menyelamatkan pertahanan dari serangan lawan. Salah satu langkah yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik ini adalah memerhatikan arah buangan bola saat sudah berhasil direbut. Jika salah, bola bisa dimanfaatkan lagi oleh lawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini