3 Alasan Sepak Bola Menjadi Olahraga Populer di Dunia

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 51 2476265 3-alasan-sepak-bola-menjadi-olahraga-populer-di-dunia-P7iXf5M1iQ.jpg Alasan sepak bola menjadi olahraga populer di dunia. (Foto: Istimewa)

ALASAN sepak bola menjadi olahraga populer di dunia ada beragam. Hal ini pun menarik untuk dikulik lebih jauh agar bisa semakin mendalami serba-serbi soal olahraga sepak bola.

Sebagaimana diketahui, olahraga sepak bola sendiri memang menjadi salah satu yang populer di dunia. Tak ayal, pertandingan-pertandingan sepak bola di mancanegara pun selalu menarik minat banyak orang. Nama sejumlah pesepakbola pun begitu tersohor, contohnya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

BACA JUGA: Ukuran Lapangan dan Gawang dalam Olahraga Sepakbola, Standar Nasional dan Internasional

Lalu, mengapa olahraga ini menjadi sangat populer? Sejumlah alasan melatarbelakanginya. Apa saja? Sebagaimana dikutip dari You Coach, Jumat (24/9/2021), berikut tiga alasan sepak bola menjadi olahraga populer di dunia.

BACA JUGA: Ternyata, Ini Negara yang Pertama Kali Memperkenalkan Permainan Sepak Bola

3. Permainan Pemain

Salah satu alasannya adalah soal format pertandingan sepak bola yang dinilai sebagai permainan pemain, bukan permainan pelatih. Pekerjaan pelatih paling utama dimainkan selama sesi pelatihan.

Alasan sepak bola menjadi olahraga populer di dunia

(Lionel Messi sedang beraksi dalam pertandingan)

Sebab, mereka harus menganalisis kekuatan dan kelemahan tim hingga merencanakan sesi latihan yang sesuai. Selama waktu permainan, semuanya bergantung kepada pemain.

Siapa saja pemain yang diturunkan dalam pertandingan bisa memainkan peran penting. Setiap orang di lapangan memiliki kesempatan untuk mengolah si kulit bundar yang didapat. Setiap orang di lapangan memiliki kesempatan untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan bola.

Olahraga lain biasanya digerakkan oleh pelatih. Tugas pelatih selama pertandingan sepak bola adalah menganalisis dan melihat seperti apa sesi latihan berikutnya. Pelatih harus menggunakan kekuatan dan kelemahan yang mereka lihat selama pertandingan, kemudian melatih tim mereka sesuai dengan itu.

2. Mudah Dimainkan

Alasan lainnya adalah permainan sepak bola yang dipandang mudah untuk dimainkan. Permainan ini bisa dilakukan dengan memiliki teman bermain, bola, dan ruang. Tak ayal, permainan sepak bola tak melulu dilakukan di arena khusus, tapi bisa di jalan raya, tanah lapang, hingga perkarangan rumah jika memang cukup luas.

Alasan sepak bola menjadi olahraga populer di dunia

(Cristiano Ronaldo sedang berlatih)

Tak hanya arena pertandingan, pemain juga bisa menggunakan beragam jenis barang sebagai bola. Ada yang menggunakan kain yang diikat, buah kelapa, dan lain sebagainya.

Permainan ini juga tak menetapkan jumlah pemain yang tetap. Meski dalam pertandingan profesional, laga di sepak bola dijalani 11 vs 11 pemain. Tetapi dalam permainan sepak bola yang tak formal, olahraga ini bisa dimainkan hanya dengan jumlah yang lebih minim, seperti 3 melawan 3 pemain. Bahkan, laga bisa digelar dengan atau tanpa kiper.

1. Murah

Selain mudah dimainkan, olahraga sepak bola juga jadi populer karena memang murah untuk dimainkan. Hal ini bisa dilihat jika olahraga sepak bola dibandingkan dengan cabor lainnya.

Salah satunya seperti olahraga polo yang memang mahal. Untuk bisa melakukan olahraga polo, seseorang akan membutuhkan kuda. Kemudian, Anda perlu tempat untuk menyimpan kuda dan saran untuk mengangkutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini