5 Pesepakbola yang Berpeluang Miliki Masa Depan Cerah saat Jadi Pelatih, Nomor 3 Masih Berusia 26 Tahun

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 06:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 51 2474970 5-pesepakbola-yang-berpeluang-miliki-masa-depan-cerah-saat-jadi-pelatih-nomor-3-masih-berusia-26-tahun-yTXiaISbe3.jpg Cristiano Ronaldo ikut memberikan arahan bersama pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos di final Piala Eropa 2016. (Foto: Twitter/BRFootball)

BANYAK pesepakbola yang sudah memutuskan pensiun lalu mencoba peruntungan menjadi pelatih. Ada beberapa pemain yang berhasil, ada juga yang justru gagal dalam membangun kariernya sebagai seorang juru taktik.

Nama-nama seperti Zinedine Zidane, Josep Guardiola, Jose Mourinho, Didier Deschamps, Ronald Koeman, dan masih banyak lagi adalah nama-nama bekas pemain yang kini sukses menjadi pelatih. Lantas jika melihat pesepakbola saat ini, kira-kira siapa saja yang nantinya bisa juga sukses di dunia kepelatihan?

Berikut Lima Pesepakbola yang Berpeluang Miliki Masa Depan Cerah saat Jadi Pelatih, Mengutip dari Sportskeeda:

5. James Milner (Liverpool)

James Milner

Milner adalah pemain yang memiliki segudang pengalaman. Dalam kariernya, ia pernah bermain enam tim berbeda sejak berusia 19 tahun. Memulai semuanya dari Akademi Leeds United, Milner memiliki kesempatan bermain untuk Manchester City dan Liverpool.

Selama Milner bermain, ia pernah ditangani 15 pelatih. Tentunya dari banyaknya pelatih itu Milner mendapatkan ilmu yang beragam soal kepelatihan. Sekarang Milner ditangani oleh pelatih kelas dunia, Jurgen Klopp. Jika ia bisa belajar banyak dari pelatih Liverpool itu, bukan tidak mungkin Milner suatu saat nanti akan memilih melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

4. Jordan Henderson (Liverpool)

Jordan Henderson

Henderson memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi di Liverpool. Muncul sebagai pemain yang biasa-biasa saja, Henderson lantas menjelma menjadi gelandang kelas dunia berkat ketekunannya.

Henderson dikenal sebagai pemimpin yang pandai membakar semangat rekan-rekannya. Sebagai kapten Liverpool, Henderson kerap memberikan arahan kepada teman-temannya di lapangan. Dengan jiwa kepemimpinan itu, Henderson dirasa sanggup untuk menangani suatu klub di masa depan.

3. Joshua Kimmich (Bayern Munich)

Joshua Kimmich

Kimmich dikenal sebagai salah satu pemain yang cerdas di dunia sepakbola saat ini. Masih berusia 26 tahun, Kimmich sudah merasakan berbagai gelar bersama Bayern Munich, termasuk enam gelar juara Liga Jerman dan Liga Champions.

Kimmich yang sebagai gelandang bertahan itu sejatinya dapat bermain di posisi mana pun. Itu semua bisa terjadi karena Kimmich mampu cepat beradaptasi dengan diberkati kemampuan membaca permainan dengan sangat baik.

Dengan pernah dilatih pelatih-pelatih hebat seperti Guardiola, Carlo Ancelotti, dn Hansi Flick, Kimmich jelas mendapatkan ilmu kepelatihan yang melimpah semasa bermain di Bayern. Tentunya dengan usia Kimmich yang masih muda, perlu beberapa tahun lagi untuk melihatnya menjadi pelatih.

2. Giogio Chiellini (Juventus)

Giorgio Chiellini

Chiellini adalah pemain dengan segudang pengalaman. Memulai karier sepakbolanya pada 2000, Chiellini kini sudah memiliki pengalaman sebagai pesepakbola selama 21 tahun.

Sama seperti kasus Henderson, Chiellini adalah sosok pemain yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Dengan usianya yang kini 37 tahun, maka Chiellini mungkin akan segera beralih profesi sebagai pelatih saat pensiun dari pesepakbola.

1. Cristiano Ronaldo (Manchester United)

Momen Ronaldo ikut memberikan arahan bersama Solskjaer

Baru-baru ini dunia sepakbola dihebohkan dengan aksi Cristiano Ronaldo yang ikut memberikan arahan kepada rekan-rekannya saat Man United bertanding melawan Young Boys di laga Liga Champions 2021-2022.

Ronaldo tampak asyik memberikan arahan walau di dekatnya ada sosok Ole Gunnar Solskjaer, pelatih dari Man United. Momen Ronaldo memberikan arahan kepada temannya pun pernah terjadi juga di Timnas Portugal pada final Piala Eropa 2016.

Ronaldo tampaknya masih geregetan ketika ditarik dari lapangan disaat pertandingan masih berlangsung, Bukannya duduk, ia pun kerap membantu pelatih untuk mengatur teman-temannya.

Ronaldo sendiri memiliki bekal yang sangat baik untuk menjadi pelatih. Ia pernah bermain di Portugal, Spanyol, Italia, dan Inggris membuat memiliki banyak referensi dalam permainan sepakbola.

Jadi, bukan tidak mungkin ketika Ronaldo pensiun nanti, ia akan memutuskan untuk lanjut menjadi seorang pelatih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini