5 Pelatih yang Berpotensi Gantikan Ronald Koeman di Barcelona

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 46 2474946 5-pelatih-yang-berpotensi-gantikan-ronald-koeman-di-barcelona-VhInu2U1Di.JPG Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (Foto: Reuters)

MASA depan Ronald Koeman di Barcelona sepertinya hanya tinggal menunggu waktu. Selain kepergian Lionel Messi, pelatih berpaspor Belanda itu disinyalir jadi salah satu penyebab melempemnya tim katalan musim ini.

Koeman dinilai tak bisa memaksimalkan kemampuan para pemain. Hal itu terbukti pada hasil yang didapat Barcelona musim ini. Jordi Alba dan rekan-rekan baru merasakan dua kali kemenangan dan dua hasil imbang dari empat laga yang mereka mainkan di kompetisi domestik.

Sementara di level Eropa, Blaugrana di hajar Bayern Munich 3-0 di fase grup Liga Champions 2021-2022. Sejumlah nama pun mulai bermunculan sebagai pengganti Ronald Koeman.

Dilansir dari laman Sportskeeda, Rabu (22/9/2021), berikut lima pelatih yang berpotensi gantikan posisi Ronald Koeman di Barcelona

5. Jordi Cruyff

 

Nama Jordi Cruyff masuk dalam salah satu kandidat kuat pengganti Ronald Koeman di kursi kepelatihan Barcelona. Putra dari pesepakbola sekaligus manajer legendaris Barcelona, Johan Cruyff itu dinilai punya pengetahuan cukup untuk menangani skuad Blaugrana.

Jordi sendiri memiliki beberapa pengalaman melatih, setelah menjabat sebagai manajer di Maccabi Tel Aviv, Shenzen FC dan tim nasional Ekuador. Saat ini ia menjabat sebagai penasehat olahraga di tim Barcelona.

4. Henrik Larsson

 

Kandidat lain yang bisa dipertimbangkan oleh Barcelona adalah Henrik Larsson . Pemain asal Swedia itu adalah sosok yang populer di dalam klub pada era 2004 hingga 2006.

Larsson saat ini adalah asisten pelatih di tim utama Barcelona. Hal itu setidaknya menunjukkan kalau dia memiliki pengalaman yang cukup untuk melatih Sergio Busquets dan rekan-rekan.

 

3. Erik Ten Hag

 

Salah satu sosok yang dinilai paling layak untuk menggantikan peran Ronald Koeman di Barcelona adalah Erik Ten Hag. Pelatih asal Belanda itu menunjukkan semua yang diinginkan Blaugrana dalam diri manajer mereka.

Berpengalaman menangani pemain pemuda, gaya bermain, kecerdasan taktis, dan mentalitas pemenang jadi salah satu faktor utama yang membuat Barcelona layak mempertimbangkan Erik Ten Hag sebagai pelatih baru mereka.

2. Roberto Martinez

 

Nama Roberto Martinez juga masuk sebagai opsi untuk jadi pelatih baru Barcelona. Martinez bahkan jadi salah satu nama yang berada di urutan teratas jika Koeman benar-benar dipecat dari kursi kepelatihan tim.

Secara pengalaman, Roberto Matinez juga tak perlu diragukan. Ia tercatat pernah pernah menjabat sebagai manajer di klub seperti Zaragoza, Wigan, Swansea, Motherwell dan Chester City.

1. Xavi Hernandez

Opsi terakhir dalam daftar pengganti Ronald Koeman adalah Xavi Hernandez. Eks gelandang Barcelona itu bahkan sudah sejak musim lalu dirumorkan bakal mengisi kursi kepelatihan tim.

Xavi memiliki pengetahuan mendalam tentang sistem tiki-taka Barcelona setelah menghabiskan hampir seluruh karir bermainnya di Camp Nou. Tim yang ia tangani saat ini, Al Sadd juga terlihat memainkan replika gaya Blaugrana, yang merupakan indikasi yang layak dari apa yang diharapkan dari Xavi di Barcelona.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini