5 Kepergian Pemain yang Barcelona Sesali, Nomor 1 Baru Saja Pecahkan Rekor Pele

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 51 2469114 5-kepergian-pemain-yang-barcelona-sesali-nomor-1-baru-saja-pecahkan-rekor-zgGbvk3TlY.jpg Barcelona menyesal telah melepas para pemain ini (Foto: Reuters)

BARCELONA salah satu klub besar di dunia yang menjadi tujuan bagi para pemain bintang. Alhasil, Barcelona kerap dihuni oleh nama-nama besar di dunia sepakbola.

Meski begitu, Barcelona lebih besar dari semua pemain bintang yang pernah memperkuat klub asal Catalan tersebut. Oleh sebab itu, Barcelona tidak ragu melepas pemain andalannya jika sesuai dengan kebutuhan dan keadaan saat itu.

Namun, beberapa penjualan pemain ada yang disesali oleh Barcelona. Berikut lima kepergian pemain yang Barcelona sesali, dilansir dari Sportskeeda, Jumat (10/9/2021).

5. Luis Figo (Barcelona Lepas ke Real Madrid)

Luis Figo gabung Real Madrid (Foto: Sportskeeda)

Penjualan Luis Figo ke Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2000 merupakan kesalahan besar Barcelona. Bagaimana tidak, Blaugrana menjual Figo, yang merupakan pemain andalan tim sejak 1995, ke rival abadi mereka di kompetisi domestik dan Eropa.

Real Madrid mendapatkan tanda tangan Figo dengan mahar 60 juta euro (sekira Rp1 triliun sekarang). Transfer Figo ke Real Madrid memanaskan rivalitas antara Barcelona dengan Real Madrid pada awal 2000-an.

4. Dani Alves (Barcelona Lepas ke Juventus)

Dani Alves (Foto: Istimewa)

Dani Alves dibeli Barcelona dari Sevilla pada musim panas 2008. Sejak itu, Alves menempati pos kanan di lini pertahanan Barcelona. Kontribusi pemain Brasil itu untuk Barcelona sangat besar karena dia membantu tim untuk meraih 20 trofi, termasuk enam gelar Liga Spanyol dan tiga Liga Champions.

Namun, Barcelona melepas Alves secara gratis ke Juventus pada musim panas 2016. Meski mendapatkan pemain pengganti, Barcelona belum menemukan bek kanan selevel Alves lagi.

3. Luis Suarez (Barcelona Lepas ke Atletico Madrid)

Luis Suarez (Foto: Reuters)

Barcelona membeli Luis Suarez dari Liverpool pada musim panas 2014. Pemain Uruguay itu pun menjadi andalan di lini depan Barcelona selama bermusim-musim. Gol-gol Suarez membantu Barcelona meraih 13 trofi bergengsi, baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

Namun, Barcelona menjual Suarez ke Atletico Madrid pada musim panas 2020 karena dia tidak masuk dalam rencana Pelatih Barcelona sekarang, Ronald Koeman. Keputusan itu ternyata salah karena Suarez justru mampu mengantarkan Atletico juara Liga Spanyol pada musim lalu.

2. Neymar Jr (Barcelona Lepas ke PSG)

Luis Suarez,, Neymar Jr, dan Lionel Messi (Foto: Reuters)

Barcelona pernah memiliki trio lini depan mematikan saat Lionel Messi, Suarez, dan Neymar Jr (MSN) bermain bersama. Akan tetapi, Barcelona gagal mempertahankan mereka untuk waktu yang lama.

Setelah merasakan jasa Neymar sejak musim 2013-2014, Barcelona memutuskan untuk menjualnya ke Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2017. Barcelona menjual Neymar dengan mahar 222 juta euro (sekira Rp3,7 triliun) yang menjadikannya pemain termahal di dunia hingga sekarang.

1. Lionel Messi (Barcelona Lepas ke PSG)

Lionel Messi (Foto: Reuters)

Kesalahan terbesar Barcelona adalah membiarkan ikon sekaligus pemain terbaik mereka, Lionel Messi, pergi pada musim panas 2021. Barcelona terpaksa melepas Lionel Messi secara gratis ke PSG karena tidak mampu memperpanjang kontrak pemain Argentina itu akibat masalah finansial.

Barcelona pun kehilangan pemain terbaik mereka dalam dua dekade terakhir. Sekadar informasi, Lionel Messi adalah mesin permainan Barcelona yang membantu klub meraih 35 trofi. Sekarang, Barcelona memulai era baru setelah kepergian pemain 34 tahun itu.

Sementara itu, Lionel Messi baru saja memecahkan rekor Pele sebagai pencetak gol internasional terbanyak di Amerika Selatan. Kini, Lionel Messi telah membukukan 79 gol untuk Tim Nasional (Timnas) Argentina usai mencetak hattrick saat negaranya menang 3-0 atas Bolivia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan. Lionel Messi pun unggul dua gol dari Pele yang merupakan legenda sepakbola Brasil.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini