Breaking News: Lewati Pele, Lionel Messi Resmi Jadi Pemain Tertajam di Amerika Selatan

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 51 2469090 breaking-news-lewati-pele-lionel-messi-resmi-jadi-pemain-tertajam-di-amerika-selatan-4OGJCFfrYI.jpg Lionel Messi resmi jadi pemain tertajam di Amerika Selatan setelah lewati rekor gol Pele. (Foto: REUTERS/Juan Ignacio Roncoroni)

LIONEL Messi resmi menjadi pemain tertajam di Amerika Selatan, tepatnya di level internasional atau negara. La Pulga -julukan Lionel Messi– melewati rekor yang berpuluh-puluh tahun dipegang pesepakbola legenda asal Brasil, Pele.

Rekor Pele pecah setelah Lionel Messi mencetak hattrick saat Argentina menang 3-0 atas Bolivia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan, Jumat (10/9/2021) pagi WIB. Berkat tambahan tiga gol tersebut, Lionel Messi mengemas 79 gol dari 153 pertandingan bersama Timnas Argentina.

Lionel Messi pemain tertajam di Amerika Selatan

(Lionel Messi resmi jadi pemain tertajam di Amerika Selatan)

Sebelumnya, Pele memegang rekor dengan catatan 77 gol dari 92 pertandingan bersama Timnas Brasil dalam periode 1957-1971. Status tertajam di Amerika Selatan membuat Lionel Messi mengalahkan banyak pesepakbola kenamaan dari zona CONMEBOL.

Sekadar informasi, Amerika Selatan pernah melahirkan pemain-pemain tajam macam Gabriel Batistuta (Argentina), Romario Faria hingga Ronaldo Luis Nazario de Lima (Brasil) . Sewaktu aktif sebagai pesepakbola, Batistuta mengemas 54 gol dari 77 penampilan bersama Argentina.

Sementara itu, Romario mencetak 56 gol dari 70 penampilan bersama Brasil. Bagaimana dengan Ronaldo Luis? Si fenomena mengemas 62 gol dari 98 pertandingan bersama skuad Brasil.

BACA JUGA: Juara Copa America 2021 Bersama Timnas Argentina, Lionel Messi Masih Tidak Percaya

Saat ini pesepakbola aktif yang bisa mengejar rekor Lionel Messi adalah rekan setimnya di PSG yang membela Brasil, Neymar Jr. Ayah satu anak ini tercatat mengemas 68 gol dari 112 pertandingan bersama Timnas Brasil.

Berhubung usia Neymar Jr lebih muda lima tahun lebih muda ketimbang Lionel Messi, plus hanya berjarak 11 gol, peluang Neymar melewati rekor La Pulga sangat terbuka. Karena itu, sebelum pensiun dari Timnas Argentina, wajib bagi Lionel Messi untuk mengemas gol sebanyak-banyaknya.

Terlebih Lionel Messi masih tertinggal jauh dari top skor sepanjang masa di level internasional, Cristiano Ronaldo. Sang rival abadi tercatat mengemas 111 gol dari 180 penampilan bersama Portugal.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo top skor sepanjang masa di level internasional)

Medio pekan lalu, Cristiano Ronaldo melewati rekor 109 gol milik Ali Daei, rekor yang dipegang pesepakbola legenda asal Iran selama belasan tahun. Bahkan, tercatat hanya Cristiano Ronaldo dan Ali Daei yang mengemas barier 100 gol di level internasional.

Sekarang yang jadi pertanyaan, sanggupkah Lionel Messi menjadi pesepakbola ketiga yang menembus barier 100 gol di level internasional? Menarik untuk dinantikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini