Share

5 Pesepakbola Bintang yang Kesulitan Berbahasa Inggris, Nomor 1 Bintang PSG

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 51 2467518 5-pesepakbola-bintang-yang-kesulitan-berbahasa-inggris-nomor-1-bintang-psg-pT7zlOTXqu.jpg Roberto Firmino dan Neymar Jr. (Foto: Reuters)

SEJUMLAH pesepakbola dunia siap menempuh berbagai cara demi mengepakkan sayap kariernya lebih lebar lagi. Bahkan, beberapa nama tak ragu untuk meninggalkan negara tercintanya demi merumput di liga-liga top Eropa.

Dengan hijrah ke Eropa, para pesepakbola tentunya akan dituntut untuk menguasai bahasa Inggris demi memperlancar komunikasi dengan rekan setim ataupun pelatih. Tetapi, hal ini ternyata tak dapat dilakukan sejumlah pemain yang bahkan berlabel bintang.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Dunia yang Bangkrut Setelah Gantung Sepatu, Nomor 1 Eks Barcelona

Beberapa nama ternyata masih kesulitan untuk berbahasa Inggris. Siapa saja mereka? Berikut lima pesepakbola bintang yang kesulitan berbahasa Inggris.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Tua yang Nikahi Perempuan Seksi, Nomor 1 Terpaut 21 Tahun!

5. Roberto Firmino

Salah satu pesepakbola bintang yang kesulitan berbahasa Inggris ialah Roberto Firmino. Pemain asal Brasil ini diketahui merumput di Negeri Ratu Elizabeth dengan membela Liverpool.

Roberto Firmino

Meski membela klub di Inggris, Firmino ternyata kesulitan untuk berbicara dengan bahasa di negara tersebut. Firmino hanya bisa menggunakan bahasa Portugis yang notabene bahasa ibu asal negaranya.

Kondisi ini sangat disayangkan oleh banyak pihak. Apalagi, Firmino telah cukup lama merumput di liga tertinggi Inggris. Beruntungnya, kondisi ini tak mencegahnya untuk menjalin kerja sama yang baik dengan rekan setim. Ia bahkan bisa bekerja sama dengan baik hingga membawa Liverpool mendulang banyak hasil manis.

4. Diego Costa

Kemudian, ada nama Diego Costa. Pemain berpaspor Spanyol ini mulai dikenal publik saat memperkuat Atletico Madrid pada 2007. Setelah itu, penyerang berusia 30 tahun ini mendapat kesempatan untuk hengkang ke salah satu tim papan atas Inggris, Chelsea, pada musim panas 2014.

Diego Costa

Kesempatan itu pun langsung diambil Costa. Setelah tiga musim memperkuat Chelsea, Costa akhirnya memutuskan kembali ke Spanyol untuk memperkuat Atletico.

Meski kariernya begitu cerah di Chelsea, Costa nyatanya terkendala untuk berkomunikasi dengan rekan-rekannya di sana. Selama tiga tahun berada di Inggris, dia kabarnya sangat jarang berbicara. Hal ini terjadi karena dirinya kesulitan berbahasa Inggris.

3. Neymar Jr     

Di urutan ketiga, ada nama Neymar Jr. Striker kenamaan dari Brasil ini kini merumput bersama klub raksasa Prancis, yakni Paris Saint-Germain (PSG).

Neymar Jr

Meski sudah malang-melintang membela klub-klub top di Eropa, Neymar nyatanya kesulitan berbahasa Inggris dengan baik. Meski begitu, kondisi ini tak menghalanginya untuk tetap bekerja sama dengan baik bersama rekan-rekannya.

2. Antonio Valencia

Kemudian, ada nama Antonio Valencia. Pemain asal Ekuador ini pernah memperkuat tim-tim top Eropa, salah satunya Manchester United.

Antonio Valencia

Meski sudah malang-melintang membela klub-klub top Eropa, termasuk Man United, Valencia ternyata kesulitan berbahasa Inggris. Alhasil, dia belum pernah melakukan wawancara dalam bahasa Inggris.

Demi menguasai bahasa Inggris, Valencia dikabarkan pernah mengikuti les. Tapi tetap saja, kemampuannya berbahasa Inggris tak terasah dengan baik.

1. Lionel Messi 

Terakhir, ada nama Lionel Messi. Berstatus megabintang dunia, Lionel Messi ternyata juga kesulitan berbahasa Inggris. Messi tak cakap berbahasa Inggris sehingga lebih sering menjawab pertanyaan wartawan dengan bahasa Spanyol selama masih membela Barcelona.

Lionel Messi

Karena itu, sebagian besar wawancara yang melibatkan Messi biasanya akan menggunakan bahasa Spanyol. Pentingnya peran Messi di dunia sepakbola membuat aturan ini dipatuhi oleh semua pihak.

Kini, Messi sendiri sudah hijrah dari Barcelona. Dia pindah ke klub asal Prancis, Paris-Saint Germain (PSG) pada bursa transfer musim panas 2021.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini