Share

5 Pesepakbola Dunia yang Bangkrut Setelah Gantung Sepatu, Nomor 1 Eks Barcelona

Hasyim Ashari, Jurnalis · Minggu 05 September 2021 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 51 2466416 5-pesepakbola-dunia-yang-bangkrut-setelah-gantung-sepatu-nomor-1-eks-barcelona-oH4hjDMkKs.jpg Para pemain Barcelona di masa lampau. (Foto: Reuters)

KEHIDUPAN bergelimang harta para pesepakbola bintang dunia tak bisa jadi jaminan mereka bisa tetap hidup mewah setelah pensiun. Terbukti, ada beberapa pesepakbola yang berhasil meraup banyak uang semasa kariernya, tetapi justru jatuh miskin saat pensiun. Salah satunya bahkan dialami eks penggawa Barcelona.

Ya, bukan sebuah rahasia lagi bahwa para pesepakbola dunia mendapat bayaran selangit dari klub-klub yang dibelanya. Terlebih, jika performanya terus menanjak, bayaran yang didapat pun akan semakin meningkat.

BACA JUGA: 5 Pemain Bintang yang Putuskan Pindah Negara, Nomor 1 si Tukang Rusuh

Tetapi, kondisi yang kaya raya ini gagal dipertahankan sejumlah pesepakbola saat akhirnya gantung sepatu. Gaya hidup yang mewah hingga kegemaran berfoya-foya jadi penyebabnya. Lalu, siapa saja yang mengalami hal itu? Berikut lima pesepakbola bintang dunia yang jatuh miskin setelah gantung sepatu.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Bintang yang Nikahi Perempuan Supercantik Jauh Lebih Muda, Nomor 1 Terpaut 24 Tahun!

5. Lee Hendrie

Di urutan kelima, ada nama nama Lee Hendrie. Semasa kariernya di dunia sepakbola, dia pernah merumput di Indonesia. Pemain berpaspor Inggris ini sempat memperkuat Bandung FC di Liga Primer Indonesia pada 2011.

Lee Hendrie. Foto: Koran Sindo

Lee Hendrie sudah pensiun saat ini. Dia pun jatuh bangkrut gara-gara doyan judi. Padahal, dirinya sempat mengeruk banyak uang sebagai pesepakbola profesional.

Frustrasi gara-gara hartanya habis, Lee Hendrie pernah dua kali mencoba bunuh diri. Beruntung, dia bisa pulih dari penyakit mental. Kini, Hendrie memiliki yayasan konsultasi bagi pesepakbola yang mengalami kesulitan keuangan.

4. Paul Gascoigne

Berikutnya, ada nama Paul Gascoigne. Di masa jayanya, Paul Gascoigne sempat dianggap sebagai bintang terhebat Inggris. Dia pernah membawa The Three Lions -julukan Timnas Inggris- mencapai semifinal Piala Dunia 1990 dan Piala Eropa 1996.

Paul Gascoigne

Melihat prestasi di atas, keuangan seharusnya bukan masalah bagi Gazza. Namun, dia salah jalan. Gascoigne kadung dikenal sebagai pecandu alkohol dan narkoba sejak masih aktif bermain.

Dua hal itu pula yang membuatnya jatuh miskin. Bahkan, Paul Gascoigne sempat menjadi seorang tunawisma lantaran rumah pribadinya disita pengadilan. Kini, kondisinya berangsur membaik. Bahkan terbaru, gaya Gascoigne menjadi inspirasi gelandang Manchester City, Phil Foden. Ketika turun di Piala Eropa 2020, Phil Foden mengecat rambutnya dengan warna putih, layaknya Gascoigne saat turun di Piala Eropa 1996.

3. Eric Djemba-Djemba

Kemudian, ada nama Eric Djemba-Djemba. Nama pemain yang satu ini sendiri mulai terangkat ketika direkrut Manchester United pada musim panas 2003. Dia dibeli The Red Devils -juluka Man United- pada jendela transfer yang sama dengan Cristiano Ronaldo.

Eric Djemba-Djemba

Meski begitu, nasib Djemba-Djemba dengan Ronaldo berbeda. Djemba-Djemba berulang kali pindah klub, bahkan sempat membela Persebaya Surabaya pada 2015.

Salah mengelola keuangan membuat dirinya bangkrut. Djemba-Djemba kerap menghabiskan uangnya untuk membeli hal-hal yang tidak perlu.

2. David James

David James juga masuk daftar pesepakbola bintang yang jatuh miskin usai gantung sepatu. Semasa aktif bermain, David James pernah memperkuat dua kesebelasan papan atas Inggris, yakni Liverpool dan Manchester City.

David James

Finansial seharusnya bukan masalah bagi kiper asal Inggris itu. Namun, dia sempat mengalami kebangkrutan. Semua berawal ketika David James menceraikan istrinya dan kehilangan sebagian besar uang. Keuangannya semakin buruk pada 2014 dan jatuh bangkrut

1. Ronaldinho Gaucho  

Terakhir, ada pesepakbola bintang dunia yang sosoknya selalu jadi perhatian besar publik kala beraksi di atas lapangan. Dia adalah Ronaldinho Gaucho.

Ronaldinho Gaucho

Tetapi, ketenaran membuat Ronaldinho Gaucho jatuh dalam lubang hitam. Mantan pemain Barcelona ini kerap berpesta pada masa jayanya sehingga kariernya pun berantakan.

Pada pengujung kariernya, pemain asal Brasil itu mulai kesulitan keuangan lantaran doyan membeli alkohol dan menggelar pesta. Investasinya menuai kegagalan dan Ronaldinho mulai perlahan jatuh bangkrut. Kini, dia menata hidup baru dengan menjadi duta bagi klub Barcelona serta banting setir jadi penyanyi rap.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini