Bikin Kagum! Cerita Bobotoh Yana Umar yang Berhijrah hingga Ajak Suporter Lain Salat di Tribun

Tino Satrio, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 49 2456338 bikin-kagum-cerita-bobotoh-yana-umar-yang-berhijrah-hingga-ajak-suporter-lain-salat-di-tribun-uvVDl8SwxN.jpg Yana Umar, Bobotoh yang berhijrah. (Foto: Instagram/@yanaumar33)

BANDUNG – Kisah inspiratif yang mengundang decak kagum datang dari seorang Bobotoh -sebutan pendukung Persib Bandung- bernama Yana Umar. Dia berbagi cerita soal perjalanan hijrahnya yang juga memberi contoh baik kepada para Bobotoh lain.

Ya, sosok Yana Umar mungkin sudah tak asing bagi para penggemar klub asal Bandung, Persib. Sebab, dia dikenal sebagai dirigen yang memandu para suporter Persib untuk mendukung klub kesayangannya di stadion.

Yana Umar

Yana juga diketahui merupakan mantan pengurus organisasi pendukung terbesar dari Persib Bandung. Tetapi, dia memutuskan mundur dari kepengurusan Viking Persib Klub pada 2019.

Sampai saat ini, sosok Yana Umar pun terus mengundang decak kagum di mata para Bobotoh lain. Sebab, dia dipandang memiliki kepribadian yang baik. Apalagi, saat ini, Yana sudah berhijrah guna memperdalam ilmu agama Islam.

BACA JUGA: Pelatih Persib Bandung Ungkap Tantangan Terbesar di Liga 1 2021-2022

Lebih jauh, Yana pun menceritakan prosesnya berhijrah, termasuk soal alasan. Dia mengatakan bahwa hijrahnya dilakukan karena suatu alasan. Tepatnya pada 2017, dia memutuskan hijrah setelah mendapati mimpi yang tidak mengenakkan.

"Tahun 2017 itu saya mimpi kiamat," ujar Yana Umar.

BACA JUGA: Persib Bandung Terpaksa Lepas Gian Zola ke Persela Lamongan

Dari mimpi tersebut, pria kelahiran Bandung itu lantas mengingat dosa-dosa yang telah diperbuat. Akhirnya, Yana pun memutuskan hijrah dan menebarkan hal-hal baik kepada rekan-rekannya sesama Bobotoh.

Setelah hijrah, Yana menata kehidupan serta sikapnya. Dia pun mendalami ajaran Islam dan kembali belajar mengaji.

Salah satu targetnya, yaitu mengajak Bobotoh salat di sela-sela pertandingan, setelah azan berkumandang. Kendati demikian, Yana mengakui bahwa hal tersebut masih sulit untuk bisa direalisasikan.

"Persib mah cuma hiburan di dunia. Jadi, jangan sampai lupa kewajiban salat sebagai muslim. Kalau enggak mau diajak salat, enggak masalah. Yang penting saya punya niatan mengajak salat, mengingatkan teman-teman suporter untuk ibadah," jelasnya.

Yana Umar

Hal baiknya tersebut tak selalu dibalas respons positif. Menurutnya, ada juga segelintir Bobotoh yang mencibir aksinya tersebut.

Dengan lapang dada, Yana tak mau ambil pusing atas cibiran yang ditujukan kepada dirinya. Dia hanya ingin istiqomah, dan terus melakukannya secara konsisten.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini