Share

Liga 1 2021-2022 Mulai 20 Agustus, Fans Persib Bandung Belum Yakin

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Sabtu 07 Agustus 2021 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 49 2452220 liga-1-2021-2022-mulai-20-agustus-fans-persib-bandung-belum-yakin-SwftGcmlFe.jpg Febri Hariyadi saat berlatih bersama Persib Bandung. (Foto/Persib Bandung)

BANDUNG – PSSI Memutuskan Liga 1 2021-2022 akan dimulai pada 20 Agustus mendatang. Namun, sejulah pihak masih ragu dengan keputusan, salah satunya pendukung Persib Bandung.

Mantan Dirijen Viking Persib Club Yana Umar mengaku belum yakin kompetisi akan digelar tepat waktu. Sebab, berkaca dari pengalaman sebelumnya, rencana kick off kerap gagal.

"Saya belum yakin karena beberapa kali rencana kick off mundur," ujar Yana.

Foto/Persib Bandung

Dia pun mengibaratkan PPKM sebagai adu penalti bagi nasib kick off Liga 1. PPKM sendiri akan berakhir 9 Agustus. Setelah itu, belum diketahui apakah PPKM akan dilanjutkan atau tidak. Yang dikhawatirkan, jika PPKM dilanjutkan, ini akan berimbas pada harus ditundanya Liga 1.

Baca juga: Anggap Jadwal Liga 1 2021-2022 Tak Ideal, Pelatih Persib Bandung Robert: Kami Mengalah

"Ini pasti ada semacam adu penalti apakah PPKM akan diperpanjang atau tidak. Intinya mah belum merasa yakin," ungkapnya.

Baca juga: Liga 1 Mulai 20 Agustus, PT LIB Koordinasi dengan Polri

Meski begitu, dia sangat antusias jika Liga 1 digelar tepat waktu sesuai rencana. Sebab, kompetisi sepakbola memang sangat dinantikan publik.

Dia pun memandang harusnya PPKM atau apapun namanya bukan jadi alasan untuk terus menunda kompetisi. Sebab, pandemi juga melanda berbagai negara lain. Namun, di negara lain, kompetisi sepak bola sudah bisa berjalan, bahkan sejak tahun lalu.

Sehingga, diharapkan meski PPKM diperpanjang, kompetisi tidak mengalami penundaan lagi. Apalagi, kompetisi sudah direncanakan akan menerapkan protokol kesehatan ketat. Pelaksanaan Piala Menpora 2021 yang tak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19 jadi bukti pertandingan sepak bola bisa dikelola seaman mungkin.

"Apa sih yang perlu ditakutkan, kan semua pemain sudah divaksin, prokesnya jelas, terus suporter juga enggak nonton di stadion. Apa lagi yang harus ditakutkan? Piala Menpora kemarin juga jalan," jelas Yana.

Dia lalu mencontohkan Piala Eropa 2020 lalu. Saat itu, turnamen tetap digelar, bahkan meski ada kasus pemain dan ofisial tim yang terpapar Covid-19. Yang terpenting adalah penerapan protokol kesehatan dan berbagai langkah antisipasi perlu dilakukan saat Liga 1 digelar.

"Yang penting dicoba saja dulu. Kalau misalnya setelah beberapa pertandingan tidak sesuai harapan, baru bisa memutuskan (dilanjutkan atau tidak). Sekarang jalan saja dulu," tuturnya.

Foto/Persib Bandung

Disinggung soal waktu persiapan tim yang mepet, Yana menyebut itu juga bukan masalah. Ia memandang hal itu tak akan menurunkan kualitas kompetisi. Sebab, seiring berjalannya waktu, tim peserta bisa sambil membenahi kekuatannya masing-masing.

Apalagi, dari jauh-jauh hari wacana kick off digelar 20 Agustus ini sudah lama digaungkan. Sehingga, banyak tim yang sudah bersiap. Kalaupun ada yang belum melakukan persiapan, ia yakin hal itu bisa diatasi masing-masing pelatih dan pemain.

"Jadwal kan sudah ditentukan jauh-jauh hari, jadi secara umum harusnya sudah siap. Sambil jalan kan bisa (membangun kekuatan). Kan yang main ini bukan pemain baru, jadi bisa meningkatkan kualitas tim sambil berjalan di kompetisi. Ini bukan hambatan utama," pungkas Yana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini