Liga 1 Digelar 20 Agustus, PT LIB: Semua Pemain Wajib Vaksin

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 49 2450993 liga-1-digelar-20-agustus-pt-lib-semua-pemain-wajib-vaksin-5BGAiCfR8i.jpg PT LIB mewajibkan semua pemain vaksin (Foto: PT LIB)

JAKARTA - Liga 1 2021-2022 dipastikan akan bergulir pada 20 Agustus mendatang. PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi, menyatakan akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ekstra ketat.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengatakan pihaknya sudah sepakat untuk menerapkan protokol lebih ketat. Salah satunya adalah peraturan wajib vaksin untuk semua pemain dan staff klub peserta kompetisi.

Persija Jakarta vs Persib Bandung (Foto: PT LIB)

PT LIB juga telah melakukan pertemuan virtual dengan klub-klub peserta terkait kebijakan yang telah ditetapkan. Pertemuan itu juga dihadiri Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan, Sekjen PSSI Yunus Nusi, dan perwakilan PT LIB.

"Vaksin nantinya akan menjadi kewajiban bagi setiap klub. Nanti akan ada persyaratan wajib kartu vaksin dengan data yang valid. Peraturan ini berlaku untuk semua pemain dan staff klub juga," ujar Sudjarno pada konferensi pers virtual PT LIB, Rabu (4/8/2021).

BACA JUGA: Liga 1 Mulai 20 Agustus, Bagaimana dengan Liga 2?

"Kami juga sudah berbicara dengan pihak klub untuk lebih menjaga protokol di luar lapangan. Klub harus lebih bertanggung jawab dengan para pemain mereka terutama saat berada di luar pertandingan," lanjutnya.

"Nanti masalah protokol kesehatan tiap pemain atau klub akan dipantau langsung oleh Satgas yang sudah dibentuk. Sementara kita akan fokus pada sistem pertandingan," ujar Sudjarno lagi.

Sebelumnya, Liga 1 musim direncanakan mulai pada 9 Juli silamm. Akan tetapi, PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat serta status level 4 di Pulau Jawa-Bali membuat kompetisi terpaksa ditunda sehingga baru akan bergulir 20 Agustus mendatang.

Keputusan mengenai digelarnya kompetisi Liga 1 musim ini diambil setelah PSSI melakukan konsultasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, dan Mabes Polri.

Persija Jakarta vs Persib Bandung (Foto: PT LIB)

“PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 2021-2022 harus bergulir. Kami masih konsisten pada tanggal 20 Agustus Liga 1 akan bergulir," ujar Yunus Nusi selaku Sekjen PSSI.

"Untuk itu dalam waktu dekat kami akan menggelar pertemuan virtual dengan seluruh perwakilan klub Liga 1. Tentu kompetisi sementara akan tanpa penonton. Kita lihat perkembangan ke depan apakah bisa dengan penonton dengan kapasitas tertentu atau tidak,” lanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini