5 Pelatih Hebat yang Pilih Menganggur, Nomor 1 Kesayangan Lionel Messi

Hasyim Ashari, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 51 2447814 5-pelatih-hebat-yang-pilih-menganggur-nomor-1-kesayangan-lionel-messi-I1GWitEOSk.jpg Zinedine Zidane pilih menganggur setelah meninggalkan Real Madrid pada musim panas 2021. (Foto: REUTERS/Peter Cziborra)

SEJUMLAH pelatih hebat pilih menganggur. Padahal, lewat kemampuannya dalam mengelola tim, pelatih-pelatih yang dibahas di bawah ini dapat dengan mudah menerima klub baru.

Sejumlah alasan kenapa mereka memilih menganggur. Selain karena ingin beristirahat, alasan lainnya belum ada tawaran yang cocok dari klub-klub teras Eropa. Lantas, siapa saja pelatih hebat yang dimaksud?

Berikut 5 pelatih hebat yang pilih menganggur:

5. Laurent Blanc

Laurent Blanc

Sejak memutuskan mundur dari kursi kepelatihan Paris Saint-Germain (PSG) pada Juni 2016, Blanc memang belum lagi melatih klub ataupun tim nasional (Timnas) manapun. Padahal, nama Blanc kerap kali dikait-kaitkan dengan sejumlah tim papan atas.

Salah satu rumor yang kerap membawa-bawa nama Blanc adalah ketika Jose Mourinho dipecat Manchester United. Blanc pun kabarnya masuk dalam daftar calon pelatih anyar Man United, meski pada akhirnya Ole Gunnar Solskjaer yang terpilih.

BACA JUGA: Gagal di Piala Eropa 2020, Timnas Belanda Incar Antonio Conte sebagai Pelatih

Dengan gaya melatih dan pengalamannya menangani pemain bintang, Blanc diyakini layak membesut tim-tim papan atas saat ini. Ketika aktif sebagai pelatih dari 2007 hingga 2016, Blanc meraih 16 trofi. Dari 16 trofi itu, 11 di antaranya didapatkan bersama PSG (2013-2016).

4. Antonio Conte

Antonio Conte

Gelar juara selalu mengiringi ke mana pun langkah Antonio Conte sejak mengasuh Juventus pada 2011. Dia membantu Si Nyonya Tua juara Liga Italia dalam tiga musim beruntun. Sentuhan emasnya berlanjut di Chelsea dengan meraih trofi Liga Inggris 2016-2017.

Musim lalu, Conte mengantar Inter Milan merengkuh scudetto pertama sejak 2009-2010. Dia mengundurkan diri gara-gara perbedaan visi dengan manajemen klub pada akhir musim.

3. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane

Riwayat Zinedine Zidane sebagai pelatih memang baru sebatas Real Madrid. Namun, dia punya tangan dingin. Los Blancos diantarnya meraih tiga gelar Liga Champions dan dua trofi Liga Spanyol dalam dua periode berbeda.

Zidane mengundurkan diri pada akhir musim 2020-2021, setelah sebelumya pernah melakukan hal yang sama pada 2017-2018. Dia merasa sudah waktunya untuk melepaskan jabatan sebagai pelatih dan memilih menganggur.

Rumor mengenai klub yang tertarik memakai jasanya terus berkembang. Kuat dugaan, dia akan menganggur hingga panggilan dari Juventus atau Timnas Prancis datang.

2. Frank Lampard

Frank Lampard

Frank Lampard sempat menjadi wajah segar di dunia sepakbola Inggris. Dia menjadi pelatih lokal pertama yang menangani klub papan atas dalam kurun satu dekade terakhir. Namun, dia dilepas Chelsea pada Desember 2020, setelah mengabdi selama 1,5 tahun.

Pengalaman singkat itu membuatnya digadang-gadang sebagai calon pelatih Timnas Inggris menggantikan Gareth Southgate. Namun, Lampard perlu bersabar karena kontrak Southgate baru habis usai Piala Dunia 2022.

1. Ernesto Valverde

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde telah menganggur sekira 1,5 tahun. Pekerjaan terakhirnya adalah menangani Barcelona. Selama memimpin Barcelona, dia memenangi dua trofi Liga Spanyol secara beruntun.

Tak hanya Barcelona, Athletic Bilbao pernah diantarnya meraih Piala Super Spanyol pada 2015. Gelar-gelar tersebut sudah menjadi bukti kapasitas seorang Valverde.

Sayangnya setelah Barcelona tersingkir di semifinal Piala Super Spanyol 2020, Ernesto Valverde dipecat. Pemecatan Valverde sempat menimbulkan protes dari pemain-pemain Barcelona, termasuk Lionel Messi.

Lionel Messi dan kawan-kawan bingung kenapa Valverde dipecat. Sebab, saat itu Valverde masih membawa Barcelona memimpin klasemen Liga Spanyol 2019-2020 dan mengantarkan Blaugrana ke 16 besar Liga Champions.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini