Tak Hanya Legenda AC Milan, Jorginho Juga Lewati Rekor Eks Timnas Prancis

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 12 Juli 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 51 2439361 tak-hanya-legenda-ac-milan-jorginho-juga-lewati-rekor-eks-timnas-prancis-6ui67K21OB.jpg Jorginho melewati rekor milik timnas Prancis Marcel Desailly. (Foto/Reuters)

LONDON Jorginho mengukir pencapaian luar biasa saat membantu Timnas Italia meraih trofi Piala Eropa 2020. Dia mencetak rekor dengan melewati sejumlah pemain legenda.

Bermain di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021), Jorginho diturunkan sejak awal oleh pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini. Penampilan memukau dari Jorginho membuat lini tengah tim Azzuri dominan hampir sepanjang pertandingan.

Foto/Reuters

Jorginho juga lihai dalam melakukan intersepsi. Catatan Squawka, dia melakukan 25 intersepsi. Jumlah itu menjadi rekor baru bagi pemain yang melakukan intersepsi terbanyak di Piala Eropa. Intersepsi Jorginho melewati jumlah intersepsi eks pemain Timnas Prancis Marcel Desailly di Piala Eropa 1996.

Baca juga: Leonardo Bonucci: Maaf untuk Inggris, Italia Memberi Pelajaran

Rekor lainnya, dalam catatan Opta, Jorginho menjadi pemain kelima Italia yang tampil di final Liga Champions dan turnamen mayor internasional (Piala Eropa atau Piala Dunia) di musim yang sama. Torehan serupa terjadi pada 27 tahun yang lalu yakni 1994.

Baca juga: Jadon Sancho, Marcus Rashford dan Bukayo Saka Dapat Serangan Rasis Usai Inggris Gagal Juara Piala Eropa 2020

Jorginho satu tingkat di atas empat pemain legenda Italia, yakni Daniele Massaro, Paolo Maldini, Demetrio Albertini dan Roberto Donadoni. Mereka menjadi para penggawa Timnas Italia dan AC Milan.

Pada Liga Champions, mereka meraih gelar juara usai mengalahkan Barcelona dengan skor 4-0. Namun, sayang mereka gagal mendapat hasil serupa di Piala Dunia Brasil 1994, setelah kalah adu penalti dari Brasil.

Tren serupa kemudian diulangi Jorginho tahun ini bersama Italia dan Chelsea. Bahkan pemain berusia 29 tahun ini bisa dikatakan lebih baik karena juara di kedua ajang tersebut.

Bersama Chelsea, mantan gelandang Napoli itu membantu perjalanan Chelsea memenangkan laga hingga partai final. Di partai puncak, Chelsea menang dengan skor 1-0 atas Manchester City.

Foto/Reuters

Kemudian di final Piala Eropa 2020, Italia bertemu Inggris. Inggris unggul lebih dulu melalui Luke Shaw di menit kedua. Italia menyamakan kedudukan melalui Leonardo Bonucci yang membuat skor berubah menjadi 1-1, yang bertahan hingga waktu normal dan babak tambahan.

Saat adu penalti Jorginho gagal melakukan tugasnya dengan baik. Namun, aksi gemilang Gianluigi Donnarumma yang menepis tiga penendang Inggris, membuat Italia menang adu penalti dengan skor 3-2, dan keluar sebagai juara Piala Eropa 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini