Roberto Mancini Sempat Terkejut dengan Strategi Timnas Spanyol

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 51 2436819 roberto-mancini-sempat-terkejut-dengan-strategi-timnas-spanyol-0yK4GNWXGH.jpg Roberto Mancini memeluk pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique. (Foto/Reuters)

LONDON – Roberto Mancini sempat terkejut dengan strategi Timnas Spanyol saat menghadapi Italia dalam semifinal pertama Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, Rabu (7/7/2021). Namun, Tim Azzurri menang melalui adu penalti dari Tim Matador. 

Pelatih Italia, Roberto Mancini mengaku sempat terkejut dengan permainan Spanyol. Pasalnya, La Furia Roja memilih untuk tampil bertahan di awal laga, dan membuat Italia kesulitan.

Foto/Okezone

Spanyol membuat pergerakan Italia semakin terbatas, karena menguasai 71 persen aliran bola. Mancini pun menilai Spanyol telah bermain bagus, meski dia menganggap timnya sudah berhak berada di babak final.

Baca juga: Bantu Italia ke Final Piala Eropa 2020, Federico Chiesa Tak Bisa Berkata-kata

"Ada pertandingan manakala Anda menderita, tetapi kami memang layak ada di sini. Kami sudah tahu pertandingan ini akan berat. Enggak gampang dan Spanyol mengagetkan kami dengan menurunkan starter dengan memutuskan tanpa striker," kata Mancini.

Baca juga: Spanyol Kalah Adu Penalti dari Italia, Luis Enrique Tak Mau Mengeluh

“Kami senang memberikan kebahagiaan kepada seluruh rakyat Italia. Saya tahu jika pertandingan akan sangat sulit. Spanyol memberikan kami masalah dan kesulitan. Kami tak banyak memegang bola,” kata Mancini di laman resmi UEFA.

Dia juga mengaku terkejut dengan keputusan pelatih Spanyol Luis Enrique yang awalnya tidak menurunkan striker. Alvaro Morata baru dimasukkan pada babak kedua menggantikan Ferran Torres dan berhasil mencetak gol.

Foto/Reuters

“Ada beberapa pertandingan yang mana kami harus menderita. Namun, kami layak berada di posisi ini. Kami tahu jika pertandingan akan berat dan tidak mudah. Spanyol memberi kejutan karena memutuskan bermain tanpa penyerang,” ujarnya.

“Namun, kami punya tim yang luar biasa. Semua ingin menang. Namun, pemain kami melakukan sesuatu yang spesial. Kami ingin menuju ke final, meski tak banyak yang yakin pada awal turnamen. Selamat kepada Spanyol, karena mereka tim hebat. Penalti itu seperti lotere,” tutur Mancini.

Italia mencetak gol lebih dulu melalui Federico Chiesa. Namun, Spanyol menyamakan kedudukan melalui Alvaro Morata. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal dan babak tambahan. Italia akhirnya menang 4-2 saat adu penalti.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini