Dicap Pengkhianat karena Pindah dari Persija ke Persib Bandung, Ini Respons Marc Klok

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Sabtu 03 Juli 2021 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 03 49 2434840 dicap-pengkhianat-karena-pindah-dari-persija-ke-persib-bandung-ini-respons-marc-klok-Mj0S5l3pXO.jpg Marc Klok sudah berlatih bersama Persib Bandung. (Foto: Persib.co.id)

BANDUNG – Gelandang Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Marc Klok, akhirnya buka suara setelah meninggalkan Persija Jakarta demi gabung Persib Bandung, dua tim yang mempunyai rivalitas tinggi di Tanah Air. Pemain berdarah Belanda ini menyebut, perpindahan klub merupakan hal yang wajar.

Marc Klok menjadi nama yang cukup panas beberapa hari ini. Sebab, ia secara mengejutkan mundur dari Persija Jakarta terhitung 23 Juni 2021.

Marc Klok

(Marc Klok saat berlatih bersama Persib Bandung. (Foto: Persib.co.id)

Sepekan berselang, tepatnya 30 Juni 2021, Klok diumumkan bergabung dengan Persib Bandung. Didapatkan secara gratis, 'Maung Bandung' dan Klok sepakat dengan ikatan kontrak berdurasi 4 tahun.

Hal ini menuai polemik tersendiri di antara penggemar kedua klub yang terkenal akan rivalitasnya itu. Bagi pendukung Persija, banyak yang menyesalkan hingga mengecam. Sebaliknya, Bobotoh menyambut Klok dengan gembira.

Sebab, Klok merupakan salah satu gelandang terbaik di Indonesia saat ini. Sebagai bukti paling anyar, Klok sukses menyabet penghargaan pemain terbaik Piala Menpora 2021.

Penghargaan ini jadi pelengkap gelar juara yang diraih Klok bersama Persija. Kesuksesan Persija dan penghargaan individu yang diraih membuat nama Klok semakin diperhitungkan di Indonesia.

BACA JUGA: Setelah Datangkan Marc Klok dan Gelandang Palestina, Persib Belum Berhenti Belanja Pemain

Sehingga, setelah diumumkan tak lagi jadi bagian Persija, Klok langsung diburu banyak tim. Tak hanya di Indonesia, ada tim dari dua negara lain di Asia yang memburu tanda tangannya.

"Banyak, di Indonesia mungkin lima atau enam klub (yang menghubungi), di luar (Indonesia) dua klub," kata Klok.

Marc Klok

Marc Klok berlatih bersama Persib. (Foto: Persib.co.id)

Namun, hati Marc Klok lebih terpaut pada Persib Bandung. Ada banyak hal yang jadi magnet baginya. Kehadiran pelatih Robert Alberts, komposisi tim, manajemen, hingga Bobotoh membuatnya mantap bergabung ke Persib.

Pemain naturalisasi berdarah Belanda itu pun sadar berada dalam situasi yang pelik. Di satu sisi ada yang mendukungnya, di sisi lain ada yang tak mendukung keputusannya bergabung ke Persib.

Namun, dia memilih menyikapinya dengan santai. Sebab, hengkang dari satu tim ke tim lain adalah hal biasa dalam dunia sepakbola, termasuk ke tim rival.

Pemain berusia 26 tahun itu pun tak ambil pusing dengan pihak yang tak menginginkannya bergabung ke Persib. hal itu dianggap sama sekali tak mengganggu.

"Itu hidup, itu (hal biasa dalam) sepakbola. Selalu ada rasa begitu (pro dan kontra) di sepakbola, bukan di Indonesia aja, tapi di dunia " tutur pemain yang pernah berkostum PSM Makassar itu.

Sebaliknya, dia justru lebih tertarik dengan pihak yang mendukung keputusannya. Klok bahkan berjanji menampilkan permainan terbaik bersama Persib Bandung dan membantunya meraih gelar juara.

"Kita punya profesi dan kita harus pikir untuk kita sendiri juga gimana (mengambil keputusan yang) baik. Dan oke, kalau orang tidak suka, itu begitu (dihadapi santai). Kalau saya lihat orang suka (dengan keputusan) saya, saya sendiri selalu pikir untuk (melakukan) hal yang positif," tandas Klok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini