Cetak Gol dan Timnas Inggris Libas Jerman, Hari Sempurna untuk Harry Kane

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 51 2433562 cetak-gol-dan-timnas-inggris-libas-jerman-hari-sempurna-untuk-harry-kane-DHRbr6R764.jpg Harry Kane (Foto: Reuters)

LONDON – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, menyatakan kemenangan atas Jerman di 16 besar Piala Eropa 2020 sempurna untuk Harry Kane. Sebab, sang kapten mendapatkan gol pertamannya di Piala Eropa 2020.

Kane menjadi buah bibir di Piala Eropa 2020. Sayangnya, penyerang Tottenham Hotspur itu dibicarakan karena belum mencetak satu gol pun untuk Timnas Inggris selama fase grup.

Harry Kane (Foto: Reuters)

Sebagaimana diketahui, Timnas Inggris tergabung ke Grup D bersama Kroasia, Skotlandia, dan Republik Ceko. Timnas Inggris meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang untuk lolos ke 16 besar sebagai juara Grup D.

Kemenangan Timnas Inggris diraih atas Kroasia (1-0) dan Ceko (1-0), sedangkan hasil imbang didapatkan saat melawan Skotlandia (0-0). Gol-gol Timnas Inggris di Grup D dibuat oleh satu nama, yaitu Raheem Sterling.

BACA JUGA: Usai Kalahkan Jerman, Harry Kane Berambisi Bawa Inggris ke Final Piala Eropa 2020

Alhasil, kemampuan Kane, yang dikenal sebagai penyerang haus gol, dipertanyakan banyak pihak. Akan tetapi, Kane membungkam kritik itu saat Timnas Inggris melawan Jerman di Stadion Wembley, London, Selasa 29 Juni 2021, malam WIB.

Meski sedikit kalah dalam penguasaan bola, Timnas Inggris cukup berbahaya saat menyerang. The Three Lions -julukan Timnas Inggris- melakukan lima percobaan yang empat di antaranya tepat sasaran.

Timnas Inggris mampu menciptakan dua gol dari peluang yang mereka miliki. Sterling (75’) dan Kane (86’) menjadi pembeda dalam pertandingan itu dengan gol mereka. Kemenangan 2-0 atas Jerman mengantarkan Timnas Inggris ke perempatfinal.

Menurut Southgate, sebiji gol Kane penting untuk menaikkan moral penyerang Tottenham itu. Juru taktik asal Inggris itu menyebut Kane tersenyum karena gol dan kemenangan The Three Lions atas Jerman.

Harry Kane (Foto: Reuters)

“Tidak hanya ekspektasi publik, tetapi ada keinginan dan dorongan yang melekat pada setiap penyerang tengah. Jika Anda memenangkan pertandingan, mereka (penyerang tengah) tidak mencetak gol dan mereka kesal,” kata Southgate, dikutip dari Sky Sports, Kamis (1/7/2021).

“Mereka tidak dapat menahannya. Itu adalah pola pikir para pemain top,” ucap Southgate.

“Jadi, (kemenangan atas Jerman) akan menjadi hari yang sempurna baginya. Dia ingin tim menang lebih dari apapun, tetapi jika tim menang dan dia mencetak gol, tanpa ragu itu akan membuat dia tersenyum lebar,” tuturnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini