Usai Tendang Jerman dari Piala Eropa 2020, Pelatih Inggris Justru Merasa Khawatir

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 51 2432939 usai-tendang-jerman-dari-piala-eropa-2020-pelatih-inggris-justru-merasa-khawatir-IiIJi59z2m.JPG Gareth Southgate bersama Jack Grealish pascalaga Inggris vs Jerman. (Foto: Reuters)

LONDON – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate merasa senang karena timnya baru saja lolos ke babak perempatfinal Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Jerman 2-0 pada Rabu (30/6/2021) dini hari WIB. Meski bahagia, Southgate justru merasa sedikit khawatir dengan pencapaian Inggris di kompetisi antarnegara Eropa tersebut.

Kekhawatiran Southgate lebih karena ia merasa banyak masyarakat Inggris yang kini semakin percaya bahwa Inggris bisa menjuarai Piala Eropa 2020. Sebab untuk bisa mencapai babak perempatfinal saja, Inggris sanggup mengalahkam tim kuat seperti Jerman di babak 16 besar.

Tak hanya karena telah berhasil membungkam Jerman dengan skor meyakinkan 2-0, perjalanan Inggris untuk bisa mencapai perempatfinal pun terbilang luar biasa. The Three Lions tercatat belum terkalahkan dan tak kebobolan sama sekali.

Baca Juga: Hasil Piala Eropa 2020 Semalam: Inggris Singkirkan Jerman, Ukraina Tembus Perempatfinal

Inggris vs Jerman

Dalam hal kebobolan, Inggris kini menjadi satu-satunya tim di perempatfinal Piala Eropa 2020 yang belum merasakan gawangnya dijebol. Hal itu membuktikan betapa kuatnya Inggris, baik dari sisi pertahanan hingga di lini penyerangan.

Semua hal itu lantas dirasa Southgate membuat banyak pihak yang kini semakin merasa Inggris bisa keluar menjadi juara di Piala Eropa 2020. Tentunya anggapan dan harapan itu sangat baik, namun bisa menjadi beban untuk para pemain Inggris.

Hal itulah yang dikhawatirkan oleh Southgate. Karenanya Southgate berharap para pemain Inggris bisa terus tampil konsisten karena mereka hanya perlu memenangkan tiga laga lagi untuk bisa mengangkat trofi Piala Eropa 2020.

“Ini adalah momen berbahaya (usai Inggris mengalahkan Jerman di 16 besar) perasaan di seluruh negeri ini semakin yakin bahwa sekarang kami sudah bisa memenangkan sesuatu. Kami tahu mulai sekarang ini akan menjadi tantangan besar bagi kami,” kata Southgate, dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu (30/6/2021).

Terlepas dari itu semua Southgate mau Inggris menikmati kemenangan mereka atas Jerman di Stadion Wembley tersebut. Sebab sudah hampoir 55 tahun Inggris tak pernah sanggup mengalahkan Jerman di fase grup.

Southgate pun mengaku Inggris bisa mengalahkan Jerman karena mereka sudah berlatih keras untuk bisa membalaskan dendam terhadap tim berjuluk Der Panzer tersebut. Kini upaya perjuangan Inggris pun terbayarkan dengan baik.

Ekspresi bahagia pemain Inggris pascalaga Jerman

“Kami dapat menekan pada saat yang tepat. Kami ingin menjadi, pemain yang agresif dalam melakukan tekanan. Para bek sayap benar-benar melakukannya dengan baik dan mengatur irama permainan.

“Para penyerang memilih momen yang tepat untuk menyerang dan bertahan. Kemudian kami menemukan keseimbangan yang bagus untuk berani menguasai bola, untuk menjaga penguasaan bola di setengah lapangan kami sendiri. Paara bek kami bermain luar biasa dalam hal itu. Itu semua adalah langkah maju yang nyata bagi kami,” tutupnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini