Singkirkan Prancis dari Piala Eropa 2020, Timnas Swiss Langsung Congkak

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 51 2432396 -BOksVf20zS.jpg Timnas Swiss (Foto: Reuters)

BUCHAREST – Kapten Tim Nasional (Timnas) Swiss, Granit Xhaka, menyatakan La Nati -julukan Timnas Swiss- kini bisa bermimpi di Piala Eropa 2020. Kepercayaan diri Xhaka dkk meningkat usai membuat kejutan dengan menyingkirkan juara Piala Dunia, Prancis, di 16 besar.

Sebelum pertandingan, Prancis diprediksi akan melaju dengan mudah ke perempatfinal. Sebab, Les Bleus -julukan Prancis- unggul segalanya dari Timnas Swiss.

Pelatih Timnas Swiss, Vladimir Petkovic, dan Granit Xhaka (Foto: Reuters)

Namun, magis sebuah turnamen terjadi dalam pertandingan Timnas Swiss kontra Prancis yang berlangsung di Stadion Nasional, Bucharest, Rumania, Selasa (29/6/2021), dini hari WIB. Timnas Swiss membuat keajaiban dalam pertandingan itu.

Timnas Swiss memulai pertandingan dengan baik karena bisa unggul 1-0 pada menit ke-15 melalui aksi Haris Seferovic. Akan tetapi, keunggulan itu sirna pada babak kedua karena Les Bleus mampu menciptakan tiga gol melalui aksi Karim Benzema (57’ dan 59’) serta Paul Pogba (75’).

BACA JUGA: Singkirkan Prancis, Timnas Swiss Bikin Sejarah di Piala Eropa 2020

Namun, Timnas Swiss membuat keajaiban dengan menyamakan kedudukan sebelum pertandingan berakhir. Seferovic (81’) dan Mario Gavranovic (90’) menjadi penyelamat Timnas Swiss dengan gol mereka di penghujung pertandingan.

Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Akan tetapi, tidak ada gol tambahan tercipta sehingga penalti pun harus digelar.

Semua eksekutor Timnas Swiss mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Di sisi lain, Kylian Mbappe gagal mengeksekusi penalti untuk Prancis sehingga Timnas Swiss pun menang penalti dengan skor 5-4.

Selanjutnya, Timnas Swiss telah ditunggu lawan berat lainnya di perempatfinal, yaitu Spanyol. Pertandingan Timnas Swiss kontra Spanyol akan berlangusng di Stadion Krestovsky, St Petersburg, Rusia, Jumat 2 Juli 2021, malam WIB.

Granit Xhaka (Foto: Reuters)

Namun, Xhaka tidak takut dengan Spanyol. La Nati kini percaya, bahwa mereka bisa mengalahkan tim mana pun, termasuk Spanyol, di Piala Eropa 2020 usai menyingkirkan Prancis.

“Sekarang kami memiliki Spanyol di perempatfinal. Ini akan sulit tetapi kami bermimpi sekarang,” ujar Xhaka, dikutip dari laman resmi UEFA, Selasa (29/6/2021).

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini