Jadi Pahlawan di Laga Kroasia vs Spanyol, Luis Enrique: Mana Haters Morata?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 04:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 51 2432341 jadi-pahlawan-di-laga-kroasia-vs-spanyol-luis-enrique-mana-haters-morata-LpS7dHTddV.JPG Selebrasi Alvaro Morata usai cetak gol penting untuk Timnas Spanyol di laga kontra Kroasia. (Foto: Reuters)

KOPENHAGEN Alvaro Morata mendapatkan banyak kritikan karena tak terlalu berkontribusi kepada Tim Nasional (Timnas) Spanyol di tiga laga fase grup Piala Eropa 2020. Kendati begitu, di 16 besar saat melawan Kroasia, Morata berhasil membungkam para pengkritiknya lantaran mampu membawa Spanyol lolos ke perempatfinal.

Morata pantas disebut pahlawan karena ketika Spanyol membutuhkan gol, ia hadir dan membuat La Furia Roja pada akhirnya memenangkan laga 16 besar yang berlangsung di Stadion Parken, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB tersebut.

Gol Morata tercipta di babak tambahan lantaran di waktu normal Kroasia dan Spanyol sama-sama kuat 3-3. Kroasia unggul terlebih dahulu lewati gol bunuh diri Unai Simon, lalu Spanyol mampu membalikkan keadaan menjadi 1-3 berkat tiga gol dari Pablo Sarabia, Cesar Azpilicueta, dan Ferran Torres.

Baca Juga: Modric Ungkap Alasan Kroasia Gagal Kalahkan Spanyol di 16 Besar Piala Eropa 2020

Momen Morata cetak gol di laga Kroasia vs Spanyol

Ketika pertandingan ingin berakhir, Kroasia secara mengejutkan mencetak dua gol penyeimbang melalui Mislav Orsic dan Mario Pasalic. Morata pada saat itu belum mencetak gol, namun ia ternyata menyiapkan golnya di babak tambahan ketika laga memasuki menit 100.

Tentu gol Morata itu menjadi titik di mana Spanyol sanggup membuat Kroasia pada akhirnya menyerah. Sebab setelah gol Morata tersebut, Spanyol kembali membuat gol melalui Mikel Oyarzabal di menit 103 dan menutup laga 16 besar tersebut dengan skor 5-3.

Melihat Morata menjadi penyelamat Spanyol, sang pelatih, Luis Enrique mengaku sangat bangga sekaligus puas. Menurutnya apa yang dilakukan Morata di laga Kroasia vs Spanyol membuktikan betapa pentingnya sosok striker Juventus tersebut.

Enrique pun heran mengapa banyak pihak yang mengkritik Morata. Secara individu, Enrique melihat Morata adalah penyerang yang komplit karena sangat kuat, jago bermain di udara, dan yang terpenting adalah dapat mencetak gol untuk Timnas Spanyol.

Enrique merasa aneh dengan para haters yang selalu membicarakan hal buruk tentang Morata. Menurut Enrique, Morata layak mendapatkan apresiasi lebih dan bahkan ia merasa semua pelatih di dunia pasti menghormati striker berusia 28 tahun tersebut.

Momen Morata cetak gol di laga Kroasia vs Spanyol

“Menurut saya, tidak ada pelatih tim nasional di mana pun di dunia ini yang tidak menghargai Morata dan apa yang dia lakukan untuk tim. Dia adalah striker yang dominan di udara, dia kuat dan yang terpenting dia mencetak gol untuk kami. Saya rasa, kami benar-benar perlu menghargainya karena memiliki striker seperti dia,” kata Enrique, dilansir dari laman resmi UEFA, Selasa (29/6/2021)/

Perkataan Enrique seakan mengalamatkan kepada para pengkritik Morata yang selama ini kurang menghargai striker andalannya tersebut. Ia merasa sudah waktunya kini Morata dihargai serta mendapatkan apresiasi.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini