Share

Hadapi Wales, Denmark Punya Keistimewaan di Amsterdam

Antara, Jurnalis · Sabtu 26 Juni 2021 05:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 26 51 2431145 hadapi-wales-denmark-punya-keistimewaan-di-amsterdam-rHPiUoAuG4.jpg Kasper Hjulmand berikan arahan kepada Timnas Denmark di Johan Cruyff Arena, Amsterdam. (Foto/Reuters)

AMSTERDAM - Pelatih Tim Nasional Denmark Kasper Hjulmand mengharapkan keberuntungan Amsterdam saat mereka menghadapi Wales dalam laga 16 besar Piala Eropa 2020. Laga berlansung di Johan Crujff Arena, Sabtu (26/6/2021) 23.00 WIB.

Johan Cruyff Arena merupakan markas Ajax. Klub tersebut cukup akrab bagi sejumlah bintang Denmark dalam beberapa tahun terakhir.

Foto/Reuters

Christian Eriksen, yang kolaps karena serangan jantung di laga pembuka Denmark vs Finlandia, adalah salah satu talenta Denmark yang mengasah kemampuannya di Amsterdam sebelum muncul menjadi salah satu pemain buruan klub-klub elit Eropa.

Baca juga: Dunia Dukung Denmark Menang, Gareth Bale: Wales Sudah Biasa Tak Dijagokan

"Jika ada klub di luar Denmark yang berarti bagi sepak bola negeri kami adalah Ajax. Ada garis merah yang tegas antara Amsterdam, Belanda dan Denmark," kata Hjulmand dilansir Reuters.

Baca juga: Hati-Hati Denmark, Wales Dalam Kepercayaan Diri Tinggi

"Christian merantau dari Denmark ketika masih berusia 16 tahun dan Amsterdam adalah rumah keduanya. Kami juga punya Kasper Dolberg dan Nicolai Boilesen, ada banyak pemain yang menemukan nasib sepakbola mereka di sini," ujarnya menambahkan.

Tuah Amsterdam juga tentu diharapkan Denmark. Pasalnya mengingat mereka dua kali kalah saat bertemu di UEFA Nations League 2018-2019.

Dan Hjulmand meyakini hasil-hasil itu tidak berpengaruh apapun saat mereka bertemu lagi di 16 besar Euro 2020.

"Dibandingkan terakhir kali Denmark bertemu mereka, Wales sudah berbeda. Saat itu mereka mengalami fase perubahan dan sesudahnya Wales mengalami tahun-tahun yang baik," katanya.

Di sisi lain, Hjulmand percaya bahwa para pemainnya kini sudah pulih dari trauma insiden kolapsnya Eriksen di awal turnamen.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kami melewati pengalaman traumatis dan tahu kami adalah pejuang, setelah kembali langsung bermain di tempat yang sama malam itu juga. Lantas beberapa hari kemudian kami menghadapi tim terkuat, Belgia," katanya.

"Tim ini sudah memperlihatkan kekuatan mental mereka untuk bertahun-tahun dan kami tahu semakin kuat dari hari ke hari," tutup Hjulmand.

Foto/Reuters

Setelah menjadi tim kejutan dan juara pada Euro 1992, langkah terjauh Denmark di turnamen Eropa itu hanyalah perempat final pada edisi 2004 sebelum kemudian sempat absen lima tahun silam.

Bila mampu melewati hadangan Wales, Denmark berpotensi untuk menghadapi Belanda atau Republik Ceko di babak perempat final.

 Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini