Hasil Piala Eropa 2020: Tekuk Skotlandia 3-1, Kroasia Lolos ke 16 Besar

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 03:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 51 2429382 hasil-piala-eropa-2020-tekuk-skotlandia-3-1-kroasia-lolos-ke-16-besar-z6CCfnz4jh.jpg Timnas Kroasia vs Timnas Skotlandia. (Foto: Reuters)

GLASGLOW – Tim Nasional (Timnas) Kroasia sukses menjejakkan kakinya ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Kepastian itu didapat usai melibas Skotlandia dengan skor 3-1 di matchday ketiga atau pamungkas Grup D Piala Eropa 2020.

Bermain di Stadion Hampden Park, Glasglow, Rabu (23/6/2021), Austria berhasil mencetak tiga gol lewat aksi Nikola Vlasic (17’), Luka Modric (62’), dan Ivan Perisic (77’). Sementara itu, satu gol Skotlandia dicetak oleh Callum McGregor di menit ke-42.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kedua tim langsung jual beli serangan sejak awal laga dimulai. Kroasia dan Skotlandia pun mendapat sejumlah peluang yang sayangnya belum bisa dikoversi menjadi gol dalam 10 menit awal laga.

Tetapi pada menit ke-17, Nikola Vlasic memecah kebutuan Kroasia. Memanfaatkan umpan sundulan dari Ivan Perisic, Vlasic berhasil menyarangkan bola ke gawang Skotlandia usai tendangannya dari jarak dekat tak mampu dibendung Dominik Livakovic. Kroasia memimpin 1-0.

Timnas Kroasia vs Skotlandia

Kroasia menjadi semakin intens menyerang gawang Kroasia usai membuka keunggulan. Pada menit ke-22, Luka Modric mencoba peruntungannya untuk menambah keunggulan Kroasia. Sayang, tendangan keranya dari luar kotak penalti masih bisa ditepis oleh Livakovic.

Terus mendapat gempuran, Skotlandia tak tinggal diam. Pada menit ke-42, Skotlandia pun sukses menyamakan kedudukan lewat aksi Callum McGregor. Tendangan kerasnya gagal dibendung oleh David Marshall hingga membuahkan angka pertama untuk Skotlandia. Skor 1-1 pun bertahan higga akhir laga babak pertama.

Babak Kedua

Awal pertandingan tak jauh berbeda dari babak pertama. Kedua tim tampil sama kuat dan terus menekan pertahanan lawan. Setelah sederet peluang gagal mampu dihalau dengan baik oleh lini pertahanan Skotlandia, pada menit ke-62, Austria akhirnya bisa mencetak gol.

Gol tercipta lewat aksi Modric. Memanfaatkan umpan dari Kovacic, Modric melepaskan tendangan keras yang mengarah tepat ke gawang Skotlandia. Gol! Kroasia kembali memimpin 2-1.

Timnas Kroasia vs Skotlandia

Pada menit ke-77, Ivan Perisic menambah besar keunggulan Kroasia. Berawal dari sepak pojok Modric, Perisic berhasil menyambut bola lewat sundulannya. Bola kemudian memantul ke tiang gawang Skotlandia dan langsung membuahkan gol. Austria memimpin 3-1.

Skotlandia yang tertinggal berusaha mengejar. Tetapi, usaha demi usaha yang dilakukan tak bisa membuahkan gol tambahan. Skor 3-1 bertahan hingga akhir laga. Dengan begitu, Kroasia pun dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 dengan status runner-up Grup D.

Kini Kroasia memiliki poin empat, tertinggal tiga angka dari Inggris yang berada di puncak. Perolehan angka Kroasia sebenarnya sama seperti Republik Ceko, namun Kroasia yang berhak melangkah sebagai runner-up Grup D.

Berikut susunan pemain Kroasia vs Skotlandia:

Kroasia (4-2-3-1): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Josko Gvardiol; Matteo Kovacic, Marcelo Brozovic; Ivan Perisic, Luka Modric, Nikola Vlasic; Bruno Petkovic

Pelatih: Zlatko Dalic

Skotlandia (3-4-1-2): David Marshall; Scott McTominay, Grany Hanley, Kieran Tierney; Andrew Robertson, Stuart Armstrong, Callum McGregor, Stephen O’Donnell; John McGinn; Lyndon Dykes, Che Adams Pelatih: Steve Clarke 

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini