5 Gol Paling Aneh, Nomor 1 Gara-Gara Balon

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 51 2429380 5-gol-paling-aneh-nomor-1-gara-gara-balon-0yXfOTgNSh.jpg Karim Benzema di final Liga Champions 2017-2018. (Foto: Reuters)

GOL paling aneh mewarnai sejumlah pertandingan sepakbola di dunia. Saking anehnya gol yang tercipta, momen ini selalu dikenang oleh para pencinta sepakbola.

Gol paling aneh ini pun tercipta karena sejumlah alasan. Mulai dari keteledoran pemain hingga kejadian atau hadirnya barang-barang tak terduga dalam pertandingan. Jadi, apa saja gol paling aneh tersebut? Berikut lima gol paling aneh di dunia sepakbola.

BACA JUGA: Tak Pernah Main Bola, Pria asal Brasil Ini Justru Sukses Jadi Pesepakbola Top

BACA JUGA: Cerita Sedih Eks Pemain PSG yang Harus Koma Selama 39 Tahun

5. Karim Benzema saat Melawan Liverpool

Salah satu gol aneh dicetak oleh penggawa bintang Real Madrid, Karim Benzema. Tepatnya, hal itu terjadi di laga final Liga Champions 2017-2018 yang mempertemukan Madrid dengan klub rakasasa Inggris, yakni Liverpool.

Karim Benzema

(Karim Benzema saat mencetak gol ke gawang Liverpool)

Kala itu, Benzema diketahui dapat mencetak gol pembuka. Gol tercipta karena blunder kiper Liverpool, Loris Karius. Karius yang terlihat mengoper bola kepada pemain Liverpool, tiba-tiba saja bisa langsung dipotong oleh Benzema.

Striker asal Prancis itu pun dengan mudah menghalangi laju bola dan langsung mengarah ke gawang Liverpool hingga berbuah gol. Setelah sempat memicu munculnya kebingungan untuk orang-orang di lapangan, wasit kemudian mengesahkan gol tersebut.

4. M'Baye Niang saat Melawan Polandia

Berikutnya, ada sosok M'Baye Niang yang juga mencetak gol aneh. Hal itu terjadi di Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia. Niang yang membela Timnas Senegal diturunkan untuk laga kontra Polandia.

MBaye Niang

(M'Baye Niang cetak gol aneh di Piala Dunia 2008)

Dalam pertandingan, M'Baye Niang pun sempat terlihat cedera dan mendapat perawatan. Setelah mendapat izin wasit, dia pun kembali ke lapangan. Tetapi, pemain Polandia tidak memperhatikannya sehingga umpan balik dari kiper mereka bisa dicegat dengan mudah oleh Niang yang akhirnya mencetak gol. Meski aneh, gol ini telah membawa Senegal menang dengan skor 2-1.

3. Peter Enckelman saat Melawan Birmingham

Gol paling aneh berikutnya terjadi pada 2002. Tepatnya, gol dicetak oleh Peter Enckelman dalam pertemuan Aston Villa melawan rival sekotanya, yakni Birmingham City, di Liga Inggris.

Peter Enckelman

(Peter Enckelman pernah mencetak gol yang terbilang aneh)

Enckelman berhasil mencetak gol usai memanfaatkan situasi tak terduga di lapangan. Berawal dari lemparan ke dalam bek Villa, Olof Mellberg, yang sebenarnya ditujukan ke kipernya, tetapi bola bisa langsung masuk ke gawang.

Gol pun disahkan kala itu dengan menyebut bahwa Peter Enckelman menyentuh bola tersebut. Sebab, seseorang tidak bisa mencetak gol langsung dari lemparan. Peter Enckelman sendiri sebenarnya tak merasa menyentuh bola tersebut, meski akhirnya mengaku ada sedikit sentuhan.

2. Javier Hernandez saat Melawan Chelsea

Berikutnya, gol paling aneh dicetak oleh Javier ‘Chicharito’ Hernandez. Mantan striker Manchester United ini telah mencetak gol aneh saat melawan Chelsea pada 2010.

Javier Hernandez

(Javier Hernandez saat membela Manchester United)

Hernandez yang bermain pada menit 46 menggantikan Michael Owen pada laga itu sukses menjebol gawang Chelsea. Gol itu dinilai sedikit berbau keberuntungan dan agak konyol. Menerima umpan silang dari sisi kanan lapangan, Hernandez sukses menempatkan dirinya di depan gawang yang kosong setelah Hilario gagal memotong bola.

Hernandez pun langsung menyepak bola dengan kaki kanan tanpa mengendalikannya terlebih dulu. Alih-alih meluncur ke gawang, bola malah berbalik mengenai muka Hernandez. Beruntung, bola kemudian tetap meluncur ke gawang usai mengenai wajah Hernandez.

1. Darren Bent saat Melawan Liverpool

Terakhir, ada Darren Bent yang juga mencetak gol aneh saat membela Sunderland melawan Liverpool pada musim 2009-2010. Dia mencetak gol aneh di Stadium of Light.

Darren Bent

(Darren Bent tarik perhatian besar usai cetak gol aneh)

Sejatinya, Bent tak memberi serangan yang membahayakan karena penjaga gawang Liverpool, Pepe Reina, terlihat masih bisa membaca pergerakan bola. Tetapi, saat Reina hendak melakukan penyelamatan, bola justru berbelok ke gawang akibat balon yang tiba-tiba hadir di lapangan. Gol pun tercipta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini