Share

Inggris Ditunggu Lawan Berat di 16 Besar Piala Eropa 2020: Portugal, Spanyol atau Prancis?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2429018 inggris-ditunggu-lawan-berat-di-16-besar-piala-eropa-2020-portugal-spanyol-atau-prancis-HCY2XXQEv5.jpg Timnas Inggris akan hadapi lawan kuat di babak 16 besar Piala Eropa 2020. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

TIM Nasional (Timnas) Inggris ditunggu lawan berat di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Entah finis sebagai juara, runner-up atau peringkat tiga Grup D Piala Eropa 2020, The Three Lions –julukan Inggris– berpotensi bertemu tim mapan.

Setelah melalui dua pertandingan Grup D Piala Eropa 2020, Inggris mengoleksi empat angka. Koleksi empat angka milik Inggris itu sama persis dengan Republik Ceko.

Infografis Republik Ceko vs Inggris

Namun, Republik Ceko berada di posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol atas Inggris, yakni +2 berbanding +1. Dini hari nanti, Republik Ceko dan Inggris bertemu di Stadion Wembley, tepatnya di matchday pamungkas Grup D Piala Eropa 2020.

Andai memenangkan pertandingan, Timnas Inggris akan finis sebagai juara Grup D Piala Eropa 2020. Sesuai alur, Timnas Inggris akan bertemu runner-up Grup F di babak 16 besar Piala Eropa 2020 jika finis sebagai juara grup.

Timnas Portugal

(Portugal bisa tantang Inggris di 16 besar Piala Eropa 2020)

Masalahnya, tim yang berpotensi finis di posisi runner-up Grup F adalah Prancis, Jerman dan Portugal yang notabene kandidat kuat juara Piala Eropa 2020. Saat ini Prancis duduk di posisi puncak Grup F dengan empat poin, disusul Jerman dan Portugal yang sama-sama mengemas tiga angka.

BACA JUGA: Hindari Jerman, Prancis dan Portugal di 16 Besar Piala Eropa 2020, Inggris Sengaja Kalah dari Republik Ceko?

Bagaimana jika Timnas Inggris bermain imbang dengan Republik Ceko dan finis di posisi runner-up? Jika finis runner-up, Timnas Inggris akan bertemu runner-up Grup E.

Bukan tak mungkin, runner-up Grup E akan ditempati Spanyol. Saat ini, Spanyol duduk di posisi tiga dengan koleksi dua poin. Jika menang atas Slovakia di laga terakhir, plus di pertandingan lain Swedia menang atas Polandia, La Furia Roja –julukan Spanyol– akan finis di posisi runner-up Grup E Piala Eropa 2020.

Timnas Spanyol

(Inggris bisa hadapi Spanyol di 16 besar Piala Eropa 2020)

Bagaimana jika Inggris hanya menempati posisi peringkat tiga terbaik? Jika kondisi itu yang terjadi, juara Grup E yang berpotensi diisi Swedia atau Spanyol, serta kampiun Grup C, Belanda, berpotensi dihadapi Inggris.

Karena itu, finis di posisi berapa pun, skuad asuhan Gareth Southgate akan menghadapi lawan kuat. Jadi, sanggup unjuk gigi Harry Kane dan kawan-kawan di babak 16 besar Piala Eropa 2020?

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini