Hindari Jerman, Prancis dan Portugal di 16 Besar Piala Eropa 2020, Inggris Sengaja Kalah dari Republik Ceko?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2428884 hindari-jerman-prancis-dan-portugal-di-16-besar-piala-eropa-2020-inggris-sengaja-kalah-dari-republik-ceko-CI66CphcLb.jpg Penyerang andalan Timnas Inggris, Harry Kane. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

TIM Nasional (Timnas) Inggris berpotensi menghadapi lawan kuat di babak 16 besar Piala Eropa 2020 jika keluar sebagai juara Grup D. Sebab, jika Timnas Inggris berada di posisi puncak kelar laga terakhir fase grup, The Three Lions –julukan Inggris– akan bersua runner-up Grup F yang kemungkinan diisi Jerman, Prancis dan Portugal.

Dini hari nanti Timnas Inggris akan menghadapi Republik Ceko di laga pamungkas Grup D Piala Eropa 2020 yang dilangsungkan di Stadion Wembley. Kalah sekalipun Inggris sudah dipastikan lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Timnas Inggris

Jika skor akhir imbang, Inggris hanya finis di posisi runner-up karena kalah selisih gol dari Republik Ceko, yakni +2 berbanding +1. Saat ini setelah melalui dua pertandingan, Republik Ceko dan Inggris sama-sama mengoleksi empat angka.

Karena itu, jika Inggris mengalahkan Republik Ceko, mereka akan finis sebagai juara Grup D dan berpotensi menghadapi salah satu dari Jerman, Prancis dan Portugal di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Jadi, akankah Inggris sengaja mengalah supaya terhindar dari Negara-negara di atas?

Piala Dunia 2018 dapat dijadikan pengalaman. Kala itu, Inggris tergabung di Grup G Piala Dunia 2018 bersama Belgia, Panama dan Tunisia. Setelah melalui dua pertandingan Grup G Piala Dunia 2018, Belgia dan Inggris sama-sama meraih kemenangan.

Alhasil, mereka dipastikan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018 di matchday kedua. Laga terakhir yang mempertemukan mereka pun hanya sebatas menentukan tim mana yang finis menjadi juara grup.

BACA JUGA: Daftar 11 Negara yang Lolos ke 16 Besar Piala Eropa 2020, Siapa Saja?

Namun, menjadi masalah jika mereka finis sebagai juara grup. Sebab, jalur mereka di fase gugur bak melalui jalan yang terjal jika keluar sebagai juara grup. Setelah menghadapi Jepang di 16 besar, juara Grup G ditantang tim kuat macam Brasil (perempatfinal) dan Prancis (semifinal).

Sementara jika finis runner-up, mereka hanya bersua Kolombia (16 besar), Swedia (perempatfinal) dan Kroasia (semifinal). Alhasil, pelatih Inggris Gareth Southgate menurunkan pemain lapis kedua macam Danny Rose, Phil Jones, Fabian Delph, Trent Alexander-Arnold, Ruben Loftus Cheek, Eric Dier hingga Jamie Vardy di laga terakhir fase grup kontra Belgia.

Belgia

Hasilnya, Inggris tumbang 0-1 dari Belgia! Singkat kata, Belgia dan Inggris sama-sama lolos ke semifinal Piala Dunia, namun sama-sama dikalahkan lawan-lawan mereka. Belgia kalah 0-1 dari Prancis, sedangkan Inggris ditumbangkan Kroasia.

Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana jika Inggris finis runner-up atau peringkat tiga terbaik Grup D Piala Eropa 2020? Jika finis runner-up, mereka akan bersua runner-up Grup E. Jika finis sebagai peringkat tiga terbaik, Inggris berpotensi bertemu Belanda atau juara Grup E di 16 besar Piala Eropa 2020.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini